Qari Terbaik Dunia Asal NTB Ini Kembali Harumkan Nama Indonesia

screenshot dari IG @syamsurifir

MATARAM – Setelah berhasil meraih juara 1 pada Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Internasional ke-7 yang digelar pada 20-25 Mei 2019 di Istanbul Turki, Syamsuri Firdaus kembali mengharumkan nama Indonesia di tingkat dunia.

Qori asal Bima, NTB ini meraih juara 2 lomba kategori azan internasional yang digelar di Adis Ababa, Ethiopia tanggal 8 sampai 12 Juni 2022 lalu. Dikutip dari akun instagramnya @syamsurifir, Syamsuri Firdaus menceritakan, keikutsertaannya di event ini menjadi pelajaran yang sangat berharga. ”Tampil di depan puluhan ribu jemaah yang ada di stadion dan bisa membawa harum nama Indonesia di depan seluruh umat muslim Ethiopia,” tulisnya.

BACA JUGA :  Tidak Ada Pemberangkatan Jamaah Haji Tahun 2021

Lomba ini memang tidak digelar di dalam gedung tapi di sebua stadion di kota Adis Ababa. Menurut Syamsuri, pada awalnya dia tidak menyangka bisa juara lomba azan. Syamsuri menjadi delegasi Indonesia untuk mengikuti lomba Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Internasional di Ethiopia. Dia berangkat bersama Ustadz Ahmad Farhan Ibnu Mujahid peserta tahfiz 30 Juz asal Pontianak, Kalimantan Barat. Namun rupanya panitia hanya memprioritaskan bagi yang menghafal saja. Peserta yang tampil sambil melihat mushaf, maka nilainya dikurangi. ” Dan memang kita tidak tahu teknis di awalnya begitu,” tambahnya.

BACA JUGA :  Kejati Sorot Proyek Mubazir

Syamsuri yang diminta ikut lomba azan, akhirnya turut serta dan berhasil menjadi juara 2. ”Tapi qodarullah disuruh lomba azan juga dan rasa syukur yang tak henti-hentinya bisa juara di tempatnya sahabat Nabi yakni Bilal bin Rabah dan inilah yang menjadi asbab adanya lomba azan di Ethiopia,” tulisanya.(rl)