Qari Terbaik Dunia Asal NTB Bertemu Jokowi

Qari Terbaik Dunia Asal NTB
Juara I MTQ Internasional ke-7 di Istanbul, Turki Syamsuri Firdaus bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (28/5). (IST/SETKAB)

JAKARTA — Syamsuri Firdaus bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Merdeka, Jakarta, pada Selasa (28/5). Dia merupakan salah seorang qari terbaik dunia asal Nusa Tenggara Barat (NTB) yang baru-baru ini Juara I MTQ Internasional ke-7 di Istanbul, Turki, yang diikuti 68 negara.

BACA: Qori NTB Raih Juara 1 MTQ Internasional di Turki

Kehadiran Syamsuri di Istana Merdeka didampingi oleh Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama (Kemenag) Muhammadiyah Amin. Saat bertemu Jokowi, qari anak terbaik dalam MTQ Nasional 2012, di Ambon, tersebut langsung menyalami dan mencium tangan Kepala Negara. “Bertemu sama Pak Jokowi, membicarakan bagaimana kesannya diberikan penghargaan oleh Presiden (Turki) Erdogan,” ungkap Syamsuri usai pertemuan yang berlangsung terbatas untuk media.

Syamsuri juga menceritakan bahwa sebelum disalami oleh Erdogan, pemimpin Turki itu sempat bertanya bagaimana dia belajar membaca Alquran, dan suaranya bisa bagus dan tinggi. “Saya menjawab; Alhamdulillah haaza min nikmatillah, alhamdulillah ini adalah nikmat Allah. Habis itu dia peluk saya dan alhamdulillah saya merasa terharu, sedih, campur bahagia,” ungkap Syamsuri.

“Memang luar biasa berkah quran, alhamdulillah saya bisa bertemu dengan Presiden Erdogan, lebih-lebih Presiden RI Pak Jokowi,” lanjut qari usia 20 tahun tersebut.

Sebelumnya, Gubernur NTB Zulkieflimansyah juga menyampaikan ucapan selamat dan rasa bangganya atas keberhasilan Syamsuri Firdaus setelah diumumkan pada Minggu malam waktu Indonesia. “Alhamdulillah diantara 68 negara yang ikut, Indonesia terpilih sebagai juara satu dan hebatnya lagi diraih oleh anak muda NTB. Gubernur sangat bangga dan mengucapkan selamat atas keberhasilan Syamsuri,” ungkap Kepala Biro Humas dan Protokol Provinsi NTB H. Najamuddin Amy, Senin (27/5).

Ditegaskan Najamuddin, Gubernur senantiasa optimis dan yakin bahwa Sumber Daya Manusia (SDM) generasi NTB bisa bersaing dalam berbagai bidang. Misalnya Lalu Muhammad Zohri pada bidang olahraga, dan kini Syamsuri Firdaus pada bidang tilawah. Gubernur selalu optimis dengan generasi muda NTB. Di mana pun Gubernur berada, selalu memuji anak muda NTB yang mampu mengembangkan bakat dan kemampuannya. “Kesempatanlah yang bisa membuat mereka berkembang dan meraih prestasi tertinggi. Itulah sebabnya Program NTB Gemilang sangat relevan bagi pembangunan SDM kita di masa yang akan datang. Where there is a will, there is a way,” kata Najam menirukan ungkapan motivasi yang sering disampaikan Gubernur NTB.

Sebagai rasa bangga atas prestasi tersebut, Gubernur akan memberikan hadiah umrah gratis bersama kedua orang tuanya. “Pak Gubernur juga akan berikan tabungan pendidikan sebesar Rp 25 juta,” ungkap Najamuddin.

Hadiah tersebut telah disampaikan kepada pihak keluarga. Orang tua Syamsuri tentu saja sangat bahagia. (fat/jpnn)