Putus Penyebaran Covid-19, BPJS Kesehatan Sukseskan Vaksinasi Perdana di Lombok Tengah

VAKSINASI: BPJS Kesehatan ikut menyukseskan vaksinasi covid-19 di Lombok Tengah. (IST/RADAR LOMBOK)

PRAYA–BPJS Kesehatan siap mendukung pelaksanaan Program Vaksinasi Covid-19 di wilayah Kabupaten Lombok Tengah. Melalui aplikasi P-Care Vaksinasi, nantinya diharapkan mampu memberikan kemudahan bagi petugas dalam pemberian dan pencatatan pelayanan vaksinasi Covid-19.

“Aplikasi P-Care Vaksinasi ini adalah wujud nyata dukungan BPJS Kesehatan terhadap program vaksinasi covid-19 yang diselenggarakan oleh pemerintah. Kami berharap dengan adanya aplikasi P-Care ini dapat mempercepat dan mempermudah petugas dalam pencatatan maupun dalam mempercepat pemberian pelayanan vaksinasi covid-19,” ungkap Kepala BPJS Kesehatan Cabang Selong Made Sukmayanti dalam kegiatan pencanangan vaksinasi perdana di Kabupaten Lombok Tengah, Rabu (3/2/2021).

Sebelumnya, BPJS Kesehatan sudah melakukan sosialisasi kepada seluruh fasilitas kesehatan mengenai penggunaan aplikasi P-Care Vaksinasi dimulai dari penginputan data, hingga mendapatkan hasil dari vaksinasi tersebut. Lebih lanjut, Sukmayanti mengungkapkan pihaknya akan siap melakukan pendampingan apabila nantinya ditemukan kendala pada saat penginputan data peserta penerima vaksin.

“Setelah kami melakukan sosialisasi kepada seluruh fasilitas kesehatan, harapannya mereka sudah memahami alur dan penggunaan dari aplikasi P-Care Vaksinasi tersebut. Namun, apabila nantinya petugas menemukan permasalahan dalam penginputan data, kami akan siap membantu mendampingi petugas tersebut sehingga proses pelaksanaan vaksinasi dapat berjalan dengan lancar,” tambah Sukmayanti.

Hadir dalam kegiatan tersebut, pejabat sementara Sekretaris Daerah Kabupaten Lombok Tengah H. Lalu Idham Khalid. Ia mengatakan saat ini proses vaksinasi covid-19 sangat dibutuhkan bagi masyarakat. Hal ini tidak terlepas dari kondisi masyarakat yang banyak merasakan dampak dari adanya wabah tersebut.

“Tentu kita semua lelah dengan semua keadaan ini, semua sektor ikut terdampak karena covid–19. Banyak saudara kita yang harus kehilangan pekerjaan akibat pandemi berkepanjangan, namun bukan berarti kita harus pasrah kemudian dan menyerah. Justru di saat sulit seperti ini dibutuhkan solidaritas kita untuk bersama-sama menghadapi optimisme agar segera berlalu,” ujar Idham.

Dengan begitu, Idham meminta agar seluruh pihak, khususnya warga di Kabupaten Lombok Tengah ikut mendukung proses vaksinasi covid-19. Ia juga meminta kepada warganya untuk tidak merasa khawatir terhadap vaksin tersebut dan membantu masyarakat lainnya untuk melaksanakan proses vaksinasi.

“Untuk itu kita semua wajib mengikuti vaksin covid -19 sesuai jadwal masing-masing, kemudian lakukan pencerdasan di masyarakat bahwa vaksin halal dan aman. Saya yakin kita semua mempunyai media sosial, maka ikut turut memberikan informasi yang benar,” sambung Idham. (dh/ay)

Artikel asli dimuat di link ini https://www.jamkesnews.com/jamkesnews/berita/detail/bda/26853/20210203/putus-mata-rantai-penyebaran-covid-19-bpjs-kesehatan-sukseskan-vaksinasi-perdana-di-lombok-tengah