Puting Beliung Sebabkan 70 Rumah Rusak

PUTING-BELIUNG
PUTING BELIUNG : Salah satu rumah warga di Desa Jagaraga Kecamatan Kuripan Lombok Barat yang rusak karena angin puting beliung kemarin. (Fahmy/Radar Lombok)

GIRI MENANG – Sekitar 70 unit rumah warga di Desa Jagaraga Kecamatan Kuripan Kabupaten Lombok Barat rusak dihantam angin puting beliung, Rabu (13/3) sekitar pukul 16.00 Wita.

Angin menerjang dua dusun di Desa Jagaraga  yaitu Dusun Karang Bucu dan Tambang Eleh. Di Dusun Karang Bucu ada 51unit yang rusak. Sedangkan di Dusun Tambang Eleh ada 19 unit rumah.

Pantauan Radar Lombok di lokasi kejadian, rata-rata rumah warga rusak di bagian atap. Material rumah diterbangkan angin.

Ketua RT 2 Dusun Karang Bacu, Nursaad, menuturkan, sebelum kejadian kondisi cuaca mendung pekat. Sebelum angin datang ada suara ledakan yang cukup keras sehingga ia dan warga lain berhamburan keluar rumah. Lalu setelah itu angin kencang datang dari arah barat dan menerbangkan apa saja.”Rumah saya dan rumah warga kena angin puting beliung,” ungkapnya.

Ia kemudian segera mencari anggota keluarganya. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Warga yang rumahnya rusak untuk sementara diungsikan di masjid. “Semua warga kita ungsikan di masjid,” ungkap Kades Karang Bucu, Syaifullah.

Kepala Desa Jagaraga, Mukarram, menambahkan, Pemdes sudah menyalurkan bantuan untuk para korban.

Secara rinci berdasarkan data BPBD Lombok Barat, total yang rusak 70 unit rumah, dengan rincian : Dusun Karang Bucu ada rusak berat 6 unit, rusak sedang 13 unit, dan rusak ringan 32 unit. Di Tambang Eleh sedang didata.(ami)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid