Puskesmas Sakra Barat Fokus Berantas DBD

H. Sejarah (IRWAN/RADAR LOMBOK)

SELONG—Puskesmas Rensing Raya, Kecamatan Sakra Barat, tetap berkomitmen untuk membrantas penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) diwilayahnya. Penegasan itu disampaikan Kepala Puskesmas Rensing Raya, H. Sejarah, bahwa meski saat ini sudah berkurang masyarakat yang terkena DBD,namun untuk penyakit yang mematikan ini pihaknya tetap berkomitmen membrantasnya dengan cara menghilangkan sarang-sarang nyamuk yang ada di lingkungan masyarakat.

“Untuk tahun ini hanya satu warga yang terkena DBD. Akan tetapi pihak kecamatan langsung memberikan pertolongan dan pengobatan, sehingga masyarakat bisa terselamatkan,” ungkapnya disela meninjau jamban masyarakat, Jumat (3/3).

[postingan number=3 tag=”dbd”]

Dijelaskan, banyaknya kasus DBD diakibatkan oleh pengaruh cuaca dan faktor lingkungan. Kondisi cuaca yang tidak menentu menjadi rawan akan munculnya berbagai penyakit, khususnya DBD. Namun DBD juga banyak dipengaruhi oleh lingkungan yang tidak bersih. “Kita kan tahu, jentik-jentik nyamuk Aedes Aegypti yang bersarang di genangan air sangat berbahaya. Makanya kalau lingkungan sekitar tidak diperhatikan dan dibersihkan, pasti rentan terkena DBD,” jelasnya.

Menurutnya, Pemberantasan Sarang Naymuk (PSN) bertujuan mencegah agar jentik-jentik nyamuk tidak berkembang biak. Hal itu dapat dilakukan dengan menguras bak mandi, dan tempat-tempat penampungan air sekurang-kurangnya seminggu sekali.

Selain itu, dengan membersihkan pekarangan dan halaman rumah dari barang-barang bekas, terutama yang berpotensi menjadi tempat berkembangnya jentik-jentik nyamuk, seperti sampah kaleng, botol pecah, dan ember plastic. Hanya saja permasalahannya, masyarakat lebih menyukai dilakukan fooging (pengasapan) daripada  membrantas sarang nyamuk.

“Padahal, fooging itu hanya akan membunuh nyamuk dewasa saja. Tanpa kegiatan PSN, fooging kurang efektif, dan penyakit DBD akan selalu ada dan tidak pernah akan selesai. Bahkan bisa menimbulkan masalah baru, karena suatu saat nyamuk akan resisten atau kebal terhadap fooging,” ungkapnya. (cr-wan)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid