Puskesmas Mataram Sabet Akreditasi Madya

SOLID : Tim medis di Puskesmas Mataram solid serta komit meningkatkan pelayanan (Sudir/Radar Lombok)

MATARAM-Puskesmas Mataram mendapatkan akreditasi Madya. Perjuangan tim medis membuahkan hasil. Ini berkat kekompakan mereka. Puskesmas ini bersaing dan bisa mendapatkan akreditasi tingkat Madya.

Kepala Puskesmas Mataram Turmuji M.kes menuturkan, perjuangan mendapatkan akreditasi Madya terbilang tidak mudah. Asesor telah melakukan penilaian sejak tiga bulan lalu. Akreditasi yang diperoleh terus memacu semangat tim medis setempat. “ Yang lebih penting kami akan mempertahankan dan meningkatkan kualitas pelayanan Puskesmas kepada masyarakat secara konsisten sesuai persyaratan di dalam akreditasi,” ungkapnya kepada Radar Lombok kemarin.

Predikat akreditasi nasional tingkat madya sesuai dengan surat penetapan dari Kementerian Kesehatan tentang hasil penilaian tim surveyor penerapan akreditasi nasional untuk Puskesmas wilayah NTB. “Penetapan akreditasi pada Puskesmas Mataram yang pertama kali mengikuti langsung  mendapat predikat akreditasi nasional meskipun masih di strata madya,” ungkapnya.

[postingan number=3 tag=”puskesmas”]

Ia sudah mengetahui penetapan tersebut meskipun belum menerima sertifikat resminya. Namun pihaknya sangat bersyukur bahwa upaya yang dilakukan oleh seluruh staf Puskesmas sesuai dengan harapan. Ia menjelaskan, penilaian yang dilakukan oleh tim survei sangat obyektif dan sesuai prediksi. Namun yang lebih penting pihaknya akan mempertahankan dan meningkatkan kualitas pelayanan Puskesmas.

Target pada tahun 2019 bisa mendapatkan akreditasi Paripurna. Saat ini kerjasama dengan BPJS Kesehatan  tetap berlanjut. “ Tenaga medis juga terus kita persiapkan. Beberapa penunjang seperti Poli Gigi, Poli Umum, ruang pemeriksaan lab dan ruang persalinan juga disiapkan,” ungkapnya.

Sementara itu kepala Dinas Kesehatan Kota Mataram H. Usman Hadi mengatakan, status akreditasi dapat dipengaruhi ketersediaan dan kelengkapan perbekalan kesehatan, sarana, dan prasarana yang mendukung pelayanan kesehatan di Puskesmas itu sendiri.

Dalam hal ini sejumlah Puskesmas yang ada di wilayah Kota Mataram telah menjalankan upaya pembangunan secara fisik dan pengadaan alat kesehatan guna mendukung proses akreditasi. Namun tetap memegang prinsip-prinsip tata kelola yang baik. “ Dapat dipastikan bahwa akreditasi ini akan berdampak pada peningkatan kualitas pelayanan di Puskesmas. Maka mutu pelayanan Puskesmas, akan semakin jauh lebih baik,” ungkapnya.(dir)