Puskemas Karang Taliwang Terakreditasi Tingkat Madya

MATARAM – Sebanyak 11 Puskesmas di Kota Mataram saat ini tengah mengikuti proses akreditasi. Puskesmas Karang Taliwang merupakan yang pertama mendapat akreditasi nasional tingkat madya. Ini sesuai sesuai surat penetapan dari Kementerian Kesehatan tentang hasil penilaian tim surveyor penerapan akreditasi nasional untuk Puskesmas di Provinsi NTB. “ Puskesmas  Karang Taliwang yang pertama di Kota Mataram yang raih akreditasi nasional. Meski masih strata madya, akan tetapi ini memberikan motivasi untuk terus berbenah dalam pelayanan kesehatan masyarakat,” kata dr. Hj. Wiwin Nurhasida kepada Radar Lombok kemarin.

Wiwin mengklaim sistem pelayanan di Puskesmas Karang Taliwang berubah drastis. Hal itu tak luput dari komitmen bersama untuk menegakkan prinsip pelayanan prima kepada masyarakat. “Kami akan selalu lakukan perbaikan, khususnya manajemen sesuai saran tim surveyor,” ungkapnya.

Puskesmas Karang Taliwang adalah salah satu Puskesmas tempat rujukan penderita HIV/AIDS di Kota Mataram. Pelayanan juga diperbaiki, sementara poli diperbanyak seperti Poli Anak, Poli Remaja, Poli pijit dan lain-lain.

Pihak Puskesmas berupaya melakukan perbaikan untuk peningkatan mutu dan kinerja tim medis. Karena tujuan utama akreditasi adalah pembinaan dan peningkatan mutu serta kinerja melalui perbaikan yang berkesinambungan.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Mataram dr. H. Usman Hadi menambahkan, untuk akreditasi madya baru satu-satunya di Kota Mataram hanya Puskesmas Karang Taliwang. Sedangkan 10 Puskesmas lainnya sedang dalam tahap penilaian. “ Kita terus upayakan untuk akreditasi bisa tercapai. Tentunya, salah satu syarat mutlak yang harus dilakukan Puskesmas yakni perbaikan pelayanan,” katanya.(dir)