Pusat Tinjau Persiapan Lotim Sambut MotoGP

Ist for Radar Lombok

SELONG – Pejabat pusat dari empat kementerian melakukan kunjungan kerja ke Lombok Timur, Kamis (6/11). Mereka adalah pejabat Kemenko Maritim, Kementerian PUPR, KemenDes PDTT, dan Kemenparekraf. Kedatangan pejabat pusat ini untuk melihat persiapan Lotim menyambut event motoGP yang akan digelar pada 2021 mendatang. Terlebih lagi Lotim merupakan daerah penyangga Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika. Didampingi sejumlah pejabat Lotim, para pejabat dari empat kementerian itu mengunjungi wilayah selatan Lotim dan Sembalun.”Ada tiga lokasi yang dikunjungi. Yaitu Ekas, Sembalun dan Kembang Kuning,” kata Kadishub Lotim,0 Purnama Hadi, yang ikut mendampingi langsung pejabat dari empat Kementerian tersebut.

Kedatangan lanjut dia, untuk melihat persiapan berbagai infrastuktur di Lotim untuk menyambut pagelaran motoGP. Baik itu persiapan akomodasi, infrastruktur jalan, transportasi dan fasilitas yang lainnnya. Pagelaran MotoGP akan memberikan dampak yang besar bagi Lotim. Terutama  berpengaruh terhadap peningkatan jumlah kunjungan wisatawan.  Angka kunjungan wisatawan yang akan datang berkunjung diperkirakan bisa mencapai 80 ribu. Jumlah tersebut tentunya akan berpengaruh terhadap membeludaknya  tamu yang akan menginap hotel maupun penginapan.”Sebagai daerah penyangga, kita tentu harus ikut andil untuk menyukseskan MotoGP ini. Makanya kita telah mulai mempersiapkan fasilitas, baik itu transportasi, penginapan dan banyak lainnya,” ungkapnya

Sebelumnya Pemkab Lotim bersama dengan Dishub Provinsi NTB dan Damri telah menjalin kerjasama untuk membuka jalur khusus menyambut balap MotoGP ini.  Rute khusus ini dimulai dari Pelabuhan Kayangan sampai ke Teluk Ekas. Keberadaan rute khusus ini bertujuan untuk mengangkut penumpang atau wisatawan yang akan datang ke Lotim. Di sepanjang rute tersebut juga akan dibuat terminal Damri yang nantinya akan mengangkut wisatawan atau penononton MotoGP ke kawasan Mandalika.

Selain itu rute khusus juga dibuatkan menuju Sembalun yang merupakan kawasan strategis nasional. Karena mengingat ketika balap MotoGP ini digelar akan ada pilihan ribu wisatawan yang akan berkunjung ke Sembalun.(lie)