Puncak Gerhana Bulan Total di NTB Pukul 19.18 Wita

Ardhianto Septiadhi, S.Si(ist)

MATARAM-Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika Mataram akan melakukan pantuan langsung Gerhana Bulan pada 26 Mei 2021 bertempat di halaman kantor BMKG di Mataram.

Kepala Stasiun Geofisika Mataram, Ardhianto Septiadhi, S.Si menyampaikan pemantuan akan dilakukan di halaman kantor BMKG mengingat saat ini masih pandemi Covid-19. “Kami akan melakukan pemantuan diadakan dihalaman kantor. Karena kebijakan pengetatan Covid,”ujarnya saat dikonfirmasi radarlombok.co.id, Selasa malam (25/5/2021).

BACA JUGA :  Polda Tak Ingin Gegabah Tindak Tambang Ilegal di Sekotong

Bagi masyarakat yang hendak ingin melihat langsung puncak gerhana bulan khususnya di wilayah NTB, katanya akan terjadi pada pukul 19:18 Wita Rabu (26/5) dan bisa langsung terlihat dengan mata telanjang. “Puncaknya (gerhana bulan) di NTB pukul 19.18 Wita. Insya Allah bisa diamati, apabila cuaca mendukung. Masyarakat NTB bisa menyaksikan langsung dengan mata telanjang,”jelasnya.

BACA JUGA :  Menteri Investasi Serahkan SK Pemutusan Kontrak PT GTI

Sementara bagi masyarakat yang ingin ikut memantau bersama BMKG, sambung Ardhianto, pihaknya juga menyediakan layar di halaman kantor BMKG Stasiun Geofisika Mataram. “Untuk live streaming kami sediakan, tapi kalau mau lihat atau dari streaming,”sambungnya.

Dikatakan juga, pemantuan yang akan dilakukan berkerjasama dengan Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Provinsi NTB terkait dengan peralatan teropong. “Nanti kami share hasilnya,”tambahnya. (sal)