Puluhan Lingkungan Sukses Gelar Pilkaling

MATARAM – Puluhan lingkungan di Kota Mataram sukses menggelar pesta demokrasi pemilihan kepala lingkungan (Pilkaling) 2017. Terbukti tidak ada gejolak di tengah masyarakat, pemilihan pun berjalan lancar.

Dari catatan yang dihimpun Bagian Pemerintahan Kota Mataram, ada puluhan lingkungan yang menggelar Pilkaling seperti di Kelurahan Selagalas, Kelurahan Tanjung Karang Permai, Kelurahan Jempong Baru, Kelurahan Cakra Utara, Kelurahan  Pagutan dan lain-lain.” Semua pelaksanaan Pilkaling berjalan sukses,” kata Kabag Pemerintahan I Nyoman Suwandiasa kepada Radar Lombok kemarin.

Sesuai peraturan wali kota, masa jabatan Kaling selama lima tahun dan masa jabatan tergantung dari SK yang diterima. Tetapi memang tidak semuanya bersamaan berakhir masa jabatannya. Sesuai dengan yang sudah diatur dalam Perda nomor 3 tahun 2013 tentang lingkungan, proses tata cara pemilihan sehingga tidak menimbulkan konflik di masyarakat.” Sampai akhir 2016 mungkin akan masih ada lagi Pilkaling,” ungkapnya.

Kemarin berlangsung Pilkaling serentak di Kelurahan Jempong Baru Kecamatan Sekarbela. Di kelurahan ini ada 3 lingkungan yang menggelar Pilkaling dari total 11 lingkungan yang ada. Penjelasan disampaikan oleh Moh. Yusuf, Lurah Jempong Baru. Tiga lingkugan tersebut  yakni Lingkungan Mapak Dasan, Mapak Belatung dan Jempong Timur. Ada 8 calon yang bertarung untuk mendapatkan suara masyarakat. Di Mapak Dasan ada 3 calon dengan Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 953 orang, di Mapak Belatung terdapat 3 calon dengan jumlah DPT sebanyak 711 orang, serta Jempong Timur terdapat 2 calon dengan jumlah DPT sebanyak 1.582 orang.” Saya sudah turun ke lapangan memantau langsung," tegasnya.

Di Lingkungan Jempong Timur   yang menang adalah H. Marzuki dengan 693 suara, di Lingkungan Mapak Dasan yang menang adalah Saliman dengan 352 suara, dan di Lingkungan Mapak Belatung  yang menang adalah inkumben, Badri dengan 299 suara.(ami)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid