Puluhan Kartu BPNT Diketahui tak Bertuan

Hj. Ambaryati
Hj. Ambaryati.( Fahmy/RADAR LOMBOK)

GIRI MENANG-Puluhan kartu Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) yang diterima oleh Pemkab Lombok Barat sampai saat ini belum ditemukan pemiliknya sebagaimana nama yang tertera di kartu tersebut. Hal ini diungkapkan Plt Kepala Dinas Sosial Lobar, Hj. Ambaryati kemarin.

Sampai saat ini ada sekitar 90 lembar kartu BPNT yang belum di temukan pemiliknya sehingga kartu tersebut masih dipegang oleh Dinas Sosial.”Masih ada sekitar 90 kartu yang belum kita salurkan, karena belum ketemu pemiliknya,” ungkap Ambar.

Ia menjelaskan dinas sudah menerima sekitar 42.812 kartu untuk warga kurang mampu. Dari data tersebut masih ada sejumlah penerima yang salah sasaran, karena penerima sudah meninggal dunia dan pindah tempat tinggal, sehingga kartu tersebut tidak bisa disalurkan. Dari jumlah tersebut juga termasuk di dalamnya Kartu Keluarga Sejahtera (KKS). Awalnya pada beberapa bulan yang lalu, jumlah kartu yang salah alamat mencapai ribuan. Namun pihak dinas sudah melakukan koordinasi dengan pihak bank dengan cara diusulkan pergantian dengan cara memasukkan nama penerima baru yang ada di Basis Data Terpadu (BDT) melalui hasil  musyawarah desa.

Penerima kartu BPNT diutamakan keluarga yang mendapatkan progran Pendamping Keluarga Harapan (PKH). Karena keluarga yang mendapatkan program PKH wajib mendapatkan program BPNT.” Sisa hasil 90 orang ini belum kami temukan penggantinya, sedangkan yang hampir empat ribuan lebih sudah diusulkan penggantinya dan sudah disalurkan,” ungkapnya

Dinsos akan terus berusaha mendapatkan pengganti dari 90 orang tersebut, agar dana yang sudah didapat tidak dikembalikan ke pusat, karena kalau sampai tidak didapatkan penggantinya maka dana akan dikembalikan ke pusat.

Ambar menambahkan, BPNT sudah dilaksanakan sejak Juni 2019. Di dalam tim koordinasi, Dinas Sosial bertugas memvalidasi data, pengadministrsian, mengawasi dan memantau tim penyalur (e-warong) agen briling.” Sesuai rekomendasi Himpunan Bank se-Indonesia, BRI ditunjuk untuk memfasilitasi BPNT ini kepada Keluarga Penerima Manfaat atau KPM,” sebutnya.

Ambar kini menjadi Kepala Dinas Kesehatan setelah beberapa tahun menjadi kepala Dinas Sosial. Namun karena belum ada penggantinya, Ambar sementara menjadi Plt kepala Dinas Sosial. Ia memastikan sebelum ia meninggalkan Dinas Sosial, ia akan berusaha mendapatkan pengganti penerima yang 90 orang, sehingga semua jatah kartu BPNT yang diterima Lobar bisa disalurkan.(ami)