Puluhan Calon Pekerja Migran Dipulangkan ke NTB

Kedatangan puluhan calon pekerja migran NTB disambut Gubernur NTB Zulkieflimansyah. (IST/RADAR LOMBOK)

MATARAM–Gubernur NTB Zulkieflimansyah menyambut kedatangan puluhan calon pekerja migran asal NTB yang dipulangkan karena keberangkatan tidak sesuai prosedur.

Kedatangan mereka disambut di Bandara Lombok, Selasa (30/3/2021)

Seperti diketahui, keberangkatan mereka ke luar negeri dicegah oleh Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) sebagai bentuk perlindungan terhadap calon pekerja.

Adapun puluhan calon pekerja migran ini diantar langsung oleh Kepala BP2MI Benny Rhamdani ke NTB. “Saudara-saudari kita ini diperlakukan tidak manusiawi dan dibohongi dengan prosedur-prosedur yang tidak benar dan ilegal, sehingga kalaupun berangkat pasti jadi korban kekerasan di luar negeri, bahkan gaji-gajinya tidak dibayar,” ungkap Bang Zul sapaan akrab Gubernur NTB ini di akun resminya.

BACA JUGA :  Kepala BP2MI RI Silaturahmi ke TGB

Bang Zul mengaku sudah meminta Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi NTB dan kabupaten/kota untuk memberikan sosialisasi yang baik kepada calon-calon pekerja migran agar menempuh prosesur yang benar. “Jangan melalui agen-agen yang kemudian menjerumuskan dan tidak bertanggung jawab,” tegasnya.

BACA JUGA :  Mahasiswa Demo Oknum Anggota DPRD Lombok Timur yang Punya Pokir Jumbo

Menurut Bang Zul, lebih baik tertunda keberangkatan ketimbang menjadi korban dan kembali dalam bentuk jenazah yang mengenaskan. (*/RL)