PT Pelindo III Gandeng PT Bank NTB, Dukung Transaksi Kepelabuhanan

GIRI MENANG – Perseroan Terbatas Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III menggandeng  Bank NTB.

Kerja sama antara PT Pelindo III dan PT Bank NTB ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) antara Direktur Utama PT Pelindo III, Orias Petrus Moedak dan Direktur Utama PT Bank NTB, H Komari Subakir di Hotel Sheraton, Senggigi  Kabupaten Lombok Barat, Rabu kemarin (21/9).

Kerja sama ini dalam rangka pemanfaatan dan penggunaan jasa layanan perbankan untuk memberikan kemudahan transaksi bagi para pengguna jasa kepelabuhan. Direktur Utama PT Bank NTB, H Komari Subakir mengatakan,   kerja sama ini merupakan bentuk kepercayaan yang sangat luar biasa. Untuk itu PT Bank NTB akan berkomitmen dalam mendukung program – program kerja sama strategis dengan PT Pelindo III.

Secara spesifik tujun dari kerja sama ini adalah mempercepat dan mempermudah kelancaran transaksi pembayaran jasa kepelabuhan antara PT. Pelindo III dengan pengguna jasanya melalui host to host system melalui pemanfaatan delivery channel bank guna meningkatkan kinerja usaha dengan prinsip saling menguntungkan. “Kami berterima kasih atas kepercayaan PT Pelindo kepada Bank NTB. Kami siap memberikan layanan yang terbaik dalam realisasi kerjasama ini,” kata Komari.

Tidak hanya itu, kerja sama PT Pelindo III dengan PT Bank NTB juga mencakup pembukaan rekening penerimaan, penempatan deposito, pembayaran gaji secara automasi, pembiayaan pada sektor potensial, dan penerbitan bank garansi untuk pelaksanaan program Investasi di lingkungan kerja PT  Pelindo III.

Dikatakan Komari,  kerja sama ini juga merupakan salah satu cerminan dari perwujudan visi dan misi PT Bank NTB untuk menyediakan produk perbankan yang Lengkap sesuai dengan kebutuhan nasabah yang tentunya akan secara konsisten dan berkesinambungan dilaksanakan oleh PT Bank NTB. Selain berdampak terhadap peningkatan usaha masing – masing pihak, lanjut Komari,  kerja sama ini diyakini juga akan berpotensi memberikan multiplier efek yang positif guna memacu dan mendorong perekonomian NTB. Sebagaimana historical positif yang tercatat sampai saat ini. “PT Bank NTB juga telah bekerja sama dengan lembaga dan instansi pemerintahan lainnya dalam pelaksanaan beberapa program strategis yang alhamdulillah sampai  saat ini terimplementasi dengan sangat baik, “ terang Komari dihadapan Dirut PT Pelindo III, Orias Petrus Moedak dan puluhan kepala pelabuhan di Indonesia Timur yang juga hadir pada pertemuan tersebut.

Sejumlah kerja sama PT Bank NTB bersama instansi pemerintah dan lainnya antara lain, implementasi Cash Management System Kas Daerah (CMS Kasda) antara PT Bank NTB, pemda se – NTB dan BPKP pusat/perwakilan NTB. Melalui program ini diharapkan dapat berkontribusi kepada peningkatan kualitas manajerial pengelolaan keuangan daerah yang senantiasa transparan, terukur, cepat (real time) dan tentunya aman.  Selanjutnya pemanfaatan layanan jasa payroll package (JPP) PT Bank NTB untuk pembayaran gaji secara otomatis bagi seluruh PNS di NTB, pembayaran PBB, tagihan listrik dan air secara online yang dapat diakses melalui delivery channel PT Bank NTB yang merupakan hasil kerja sama dengan lembaga dan instansi pemerintahan terkait, penempatanan dana – dana coorparate melalui produk giro dan deposito, dan  pembiayaan pada sektor – sektor prioritas pemerintah dan coorporate yang potensial.

Ia menambahkan, kedepan, dengan mempertimbangkan manfaat yang luar biasa baik dari pelaksanaan kerja sama antara PT Bank NTB dengan lembaga/instansi pemerintah dan pihak – pihak terkait, maka PT Bank NTB secara terukur akan terus menjajaki perluasan kerja sama strategis lainnya dengan senantiasa mengedepankan penyediaan dan pemanfaatan jasa perbankan yang modern.

Dirut PT Pelindo III, Orias Petrus Moedak mengatakan, bahwa kerjasama dengan PT Bank NTB merupakan wujud nyata Pelindo III untuk bersinergi dengan bank daerah guna memacu pembangunan daerah dan mendorong peningkatan perekonomian nasional. Menurutnya, penggunaan layanan perbankan dalam transaksi kepelabuhanan akan mempermudah proses bisnis di Pelindo III. Selain itu, dalam proses pengerjaan dan pembangunan infrastruktur pelabuhan di daerah,  PT Pelindo III akan melibatkan perusahaan lokal di daerah tersebut. Sehingga ada multiplayer efek terhadap pembangunan daerah.

Selain itu, PT Bank NTB yang memberikan arahan mana saja perusahaan yang bagus untuk diajak bermitra dan bekerjasama sebagai kontraktor pembangunan kepelabuhanan di NTB. “Layanan ini tentunya akan memberikan kemudahan untuk pengguna jasa pelabuhan dalam proses transaksi keuangan, sehingga  dapat meningkatkan produktivitas di pelabuhan karena terkait dengan proses bisnis di lapangan,” katanya. (luk/adv)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Suka
  • Terhibur
  • Sedih
  • Marah
  • Bosan
  • Takut