PSHT Undang Latih Tanding 21 Perguruan Silat Se-Lombok

PSHT Undang Latih Tanding 21 Perguruan Silat Se-Lombok
LATIH TANDING: Inilah sejumlah Pesilat saat melakukan latih tanding yang digelar PSHT, di Hotel Grand Inn, Minggu kemarin (23/2).( NASRI/RADAR LOMBOK)

MATARAM—Persaudaraan Setia Hati Teratai (PSHT) Cabang Mataram Pusat Madiun, mengundang 21 perguruan silat se-Lombok, dalam even latih tanding antar perguruan di Hotel Grand Inn, Mataram, Minggu kemarin (23/2). Latih tanding antar perguruan silat itu diharapkan akan mendongkrak prestasi atlet pencak silat NTB.

“Selama ini pencak silat merupakan salah satu cabang olahraga (Cabor) tambang medali NTB, baik di even nasional maupun internasional,” ujar Ketua Cabang PSHT Mataram, Dwi Sudarsono, kemarin.

Dikatakannya, ke depan event semacam ini diharapkan menjadi tradisi bagi semua perguruan di NTB. Hal ini disampaikan lantaran di tengah-tengah keterbatasan Pemda dalam menyelenggarakan event atlit pencak silat dinilai cukup minim.

Selain 21 perguruan, PSHT juga mengundang Dispora dan Kesbangpol Mataram, KONI dan Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI). Latih tanding dihadiri oleh puluhan atlet dan ratusan pesilat. Selain seleksi latih tanding, PSHT akan menampilkan atraksi jurus para pendekar. “Kita juga menampilkan atraksi jurus para pendekar selama acara berlangsung,” lanjutnya.

Tak hanya itu, kegiatan tersebut dinilai sebagai sumbangsih PSHT dengan menyediakan wadah untuk mencetak atlet pencak silat berprestasi dan berkualitas di NTB pada umumnya. Latih tanding antar perguruan diharapkan dapat memotivasi setiap perguruan untuk mencetak atlet pencak silat.

Sementara itu, Steering Committee, Saharudin menyatakan, event latih tanding diharapkan menjadi wadah membangun kebersamaan antar perguruan. Selain itu, event ini diharapkan dapat membina karakter yang berahlak dan sportif bagi para atlet pencak silat. Dengan demikian, ke depan stakeholder terkait perlu mentradisikan latih tanding antar perguruan untuk mencetak bibit atlet pencak silat yang berprestasi dan berkualitas.

Peran Pemda tentunya sangat dibutuhkan dengan menyelenggarakan pertandingan pertandingan resmi seleksi para pesilat di daerah. Mereka diharapkan akan mengharumkan daerah di jenjang pertandingan pencak silat di tingkat nasional dan internasional. “Semoga Pemda kedepannya lebih peka dengan kegiatan semacam ini. Biar kuantitas dan kualitas atlet terus meningkat,” pungkasnya. (rie)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid