PS Sumbawa Barat Seleksi Pemain Menuju Devisi Utama

Indera Gunawan

MATARAM–Tim Persatuan Sepakbola Sumbawa Barat (PSSB) akan menggelar seleksi untuk merekrut pemain terbaik  menuju devisi utama. Seleksi ini dilaksanakan 26 Maret 2017 mendatang. Seleksi tersebut akan  dilaksanakan pertengahan Januari sampai dengan awal Februari 2017.

Humas PSSB NTB, Indera Gunawan mengatakan, PS Sumbawa dipastikan mengikuti devisi utama. Namun sebelum menuju kesana, pihaknya menggelar seleksi untuk menentukan pemain terbaik yang ada di 10 kabupaten/kota yang ada di NTB.

“Kita akan menggelar seleksi di 5 titik yakni Dompu Bima, Sumbawa, Kabupaten Sumbawa Besar (KSB)  Lombok Timur dan Mataram mulai pertengahan Januari dan paling lambat awal Februari,’’ terangnya saat dihubungi Radar Lombok, Rabu (11/1).

Dikatakan, seleksi ini tidak lain untuk mempertegas warna bagi NTB karena sebagai satu-satunya yang mewakili NTB di dunia sepakbola professional Liga Indonesia.

[postingan number=3 tag=”seleksi”]

“Ini kasta kedua tertinggi di tanah air yang maju menuju devisi utama PSSI,’’ jelasnya.

Dalam seleksi ini nantinya, akan mengharapkan kembali lahir pemain-pemain professional yang lahir di 10 kabupaten/kota yang ada di NTB. ‘’Ini yang kita harapkan dari seleksi ini,’’ jelasnya.

Ditanya apakah akan menyewa pemain luar NTB, pihaknya menjelaskan itu tergantung hasil seleksi nanti. Jika banyak pemain-pemain dari NTB, pihaknya akan maksimalkan mereka memberikan kesempatan untuk berkompetisi,’’ ungkapnya.

Namun di sisi lain, jika merujuk pada regulasi baru Liga Indonesia 2017, butuh pemain luar NTB yang tentunya sudah punya jam terbang di level nasional. “Kita butuh beberapa pemain yang punya jam terbang sekaligus menukar pengalaman dengan pemain lokal,’’ katanya.

Sebelumnya PS Sumbawa Barat telah banyak melahirkan pemain-pemain andalan yang berkiprah di ajang nasional seperti Zamroni dan Saddam Husaen.

Sementara itu, Sekertaris PSSB, Lukman Hakim mengatakan, terkait regulasi baru Liga Indonesia 2017, usia maksimal pemain di devisi utama yakni 25 tahun. Para pemain berusia 25 tahun diperbolehkan mengontrak pemain berusia diatas 25 tahun minimal 5 orang. “Klub memainkan 5 pemain berusia di atas 25 tahun dalam satu pertandingan. Regulasi ini menguntungkan pemain-pemain muda di NTB,’’ tutupnya. (cr-adi)