PS Sumbawa Barat Dekati Ibnu Grahan

ANDALAN: Salah satu pemain PSSB selama ini addalah Zamroni. (IST/RADAR LOMBOK)

MATARAM– Persatuan Sepakbola Sumbawa Barat (PSSB) NTB kini tengah membidik Ibnu Grahan sebagai arsitek klub. Ibnu Grahan adalah  pelatih Bhayangkara Surabaya United di  Indonesia Soccer Championship (ISC). Ibnu Grahan sebenarnya tidak asing dengan PSSB. Sosok yang satu ini sebelumnya pernah menukangi tim ini kala masih bermain di devisi III.

Media Officer PS Sumbawa Barat, Indra Irawan LM mengatakan, pihaknya membidik pelatih Ibnu Grahan untuk menangani PSSB. Namun sejauh ini,PSSB masih menunggu jawaban dari yang bersangkutan.

“Mudah-mudahan beliau bisa menangani pemain kita,’’ ungkapnya  kepada Radar Lombok, Senin (16/1).

Dikatakan Indra, pengalaman Ibnu Grahan selama ini malang melintang di sepakbola nasional lebih khusus di kompetisi ISC tidak bisa diragukan, kemampuannya sangat diharapkan guna mengangkat prestasi PS Sumbawa Barat kedepan.

PSSB disebutnya sudah berkomunikasi dengan Ibnu Grahan. Hanya saja, mantan pelatih tim PSSB ini diakuinya juga sedang didekati oleh Bali United.

[postingan number=3 tag=”sepakbola”]

Selain nama Ibnu Grahan, PS Sumbawa Barat lebih lanjut dikatakan Indra juga membidik sejumlah pelatih lainnya sebagai alternatif, diantaranya Paulo Camargo pelatih asal Brasil eks pelatih Persija Jakarta.

Paulo sendiri menurut Indra, memang belum dihubungi secara resmi namun mantan pelatih Kaka Bintang AC Milan , saat bermain di Sao Paolo Brasil tersebut, masuk dalam bidikan setelah dapat masukan dari relasinya . “ Ya kita inventarisir saja dulu sejumlah nama pelatih tersebut, tergantung nanti penawarannya seperti apa dan kita juga sembari melihat perkembangan seperti apa regulasi kompetisi resmi ,” katanya.

PS Sumbawa Barat NTB, klub yang di Ketuai Dr. KH Lalu Zulkifli Muhadli,S.H, M.M mantan Bupati Sumbawa Barat  ini, merupakan satu-satunya club profesional di Liga Indonesia asal NTB. PS Sumbawa Barat  mengawali kiprah di Divisi Utama sejak 2011 setelah melewati proses panjang sebagai club yang marajai Liga Amatir Nasional mulai dari Divisi III, Divisi II hingga Divisi 1 PSSI.

Prestasi terbaik PS Sumbawa Barat di Divisi Utama Liga Indonesia yakni pada musim kompetisi tahun 2012, dimana saat itu PS Sumbawa Barat sukses lolos 5 besar. Sayangnya PS Sumbawa Barat yang dilatih pelatih Mustakim harus tersisih dibabak 8 besar di Jogjakarta, setelah bermain seri 1-1 atas Barito Putra, kalah 2-1 atas tuan rumah PSIM Yogyakarta dan kalah 2-0 atas Persebaya Surabaya.

Menghadapi kompetisi Divisi Utama 2017 yang akan bergulir Maret 2017, PS Sumbawa Barat mulai berbenah diawali dengan seleksi pemain di 4 kota yang dimulai dari Kota Mataram 20 Januari mendatang, seleksi pemain lainnya juga akan dilaksanakan di Dompu, Sumbawa Besar dan Sumbawa Barat.

Dalam seleksi pemain ini akan dilakukan oleh Margono eks pemain Persebaya Surabaya  dan tim.Terkait dengan seleksi para pemain dari  wilayah Lombok di Gelanggang Olahraga (GOR) Turida, Mataram pada tanggal 20 Januari mendatang, pihaknya meminta kepada peserta agar langsung ke GOR. Pihaknya mengaku sudah membuka pendaftaran bagi pemain yang akan menggelar seleksi agar nantinya datang ke GOR. Sedangkan jumlah yang diseleksi tidak ditentukan.

Semua calon pemain, jelasnya, tetap seleksi. Namun terkait jumlahnya tidak ditentukan. Yang penting bagi pemain agar  datang tanggal 20 Januari mendatang.

Sedangkan untuk pemain dari daerah luar minimal akan direkrut 5 pemain. Namun sampai hari ini belum diseleksi karena memprioritaskan pemain local.

Dikatakan, untuk pemain asing tidak diperbolehkan karena ini sesuai dengan regulasi yang telah ditentukan oleh pusat. “Kalau pemain asing atau dari luar negeri tidak bisa kita rekrut karena ini sudah keputusan dari pusat. Yang bisa kita rekrut hanya pemain dari luar daerah saja,’’ terangnya.

Dalam seleksi nanti, jelasnya, yang akan diperhatikan pihaknya yakni, skill, speed, power dan lain-lainhya yang dimiliki para calon pemain. Setelah itu, pihaknya baru mengerucutkan beberapa nama yang akan diambil dan diseleksi tingkat lanjut.

Dijelaskan lebih lanjut, seleksi ini tidak lain untuk mempertegas warna bagi NTB. Mengingat tim ini adalah satu-satunya yang mewakili NTB di dunia sepakbola profesional. (cr-adi)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Suka
  • Terhibur
  • Sedih
  • Marah
  • Bosan
  • Takut