Proyek SPAM Lotim Segera Dieksekusi

HM. Sukiman Azmy (Dok/Radar Lombok)

SELONG –  Pemkab Lombok Timur menyatakan komitmennya untuk menuntaskan krisis air di Kecamatan Sembalun. Hingga kini warga di beberapa desa yang ada di wilayah itu kesulitan mendapatkan  kebutuhan air bersih.

Apa yang menjadi komitmen Pemkab Lombok Timur tak lain sebagai upaya untuk mewujudkan visi dan misi pemerintahan Sukiman-Rumaksi. Atas dasar itulah berbagai upaya dilakukan untuk mewujudkan ketersediaan air bersih bagi warga. Salah satunya melalui proyek SPAM yang tersebar di beberapa titik.

Total anggaran yang digelontorkan yaitu sebesar Rp 37 miliar  oleh pemerintah pusat  dalam hal ini Kementerian PUPR.  Proses tender telah tuntas dan dalam waktu dekat ini akan mulai dieksekusi.

”Di tahun ini dua wilayah kita di Lombok Timur  dari pemerintah pusat    yang akan diperuntukkan untuk memenuhi kebutuhan air warga. Salah satunya di Sembalun  dengan alokasi anggaran sebesar Rp 37 miliar untuk pembangunan SPAM,” kata Bupati Lombok Timur HM. Sukiman Azmy kemarin.

BACA JUGA :  PolPP Lotim Musnahkan Ribuan Liter Miras

Ketika proyek telah rampung, SPAM  tersebut nantinya akan dikelola oleh PAMDes. Karena itu Sukiman  kata Sukiman, keberadaan SPAM ini  diharapkan dapat dikelola dan dimanfaatkan dengan sebaik mungkin.”Keberhasilan proyek ini bukan hasil perorangan maupun kelompok tertentu. Melainkan ini merupakan  keberhasilan dan usaha kita bersama,” kata Sukiman.

Selian itu pengerjaan proyek SPAM ini juga akan dilakukan di wilayah selatan yaitu di Kecamatan Jerowaru.  Besaran anggaran yang digelontorkan oleh pemerintah pusat  untuk tahap pertama yaitu Rp 100 miliar. Dan di tahun mendatang pemerintah pusat berencana kembali akan mengalokasikan anggaran tahap kedua untuk penanganan air bersih di Lombok Timur dengan nilai sekitar Rp 100 miliar.

BACA JUGA :  Rumah Sakit Masbagik Berpeluang Dibangun

Sukiman menambahkan, SPAM ini akan terintegrasi dengan dua kecamatan yang menjadi prioritas yakni Kecamatan Jerowaru dan Keruak. Kedua kecamatan ini sangat membutuhkan air bersih. Selanjutnya, SPAM ini nantinya akan menyisir daerah-daerah lainnya di Lotim.”Penyediaan air bersih akan  terintegrasi secara menyeluruh di Kabupaten Lotim. Sumber mata air yang dijadikan pasokan air bersih nantinya berasal dari Tereng Wilis, Perian, Kecamatan Montong Gading,” lanjut Sukiman.

Lebih lanjut disampaikan, proyek SPAM di dua wilayah tersebut akan ditangani langsung oleh pemerintah pusat.”Pelaksanaan proyek ini telah melalui berbagai ketentuan yang berlaku. Diantaranya melalui  studi kelayakan oleh kementerian,” tutup Sukiman.(lie)