Proyek Loang Baloq Dimenangkan Kontraktor Asal Sulsel

LOANG BALOQ: Tender proyek Taman Hiburan Rakyat Loang Baloq dimenangkan oleh perusahaan asal Sulawesi Selatan, dan mulai dikerjakan dalam waktu dekat. (ALI/RADAR LOMBOK)

MATARAM — Pengerjaan area terbuka pariwisata Taman Hiburan Rakyat Loang Baloq, Kecamatan Sekarbela, Kota Mataram, kini menemui titik terang. Ini setelah sudah ada penetapan pemenang lelang (tender) proyek di salah satu spot pariwisata unggulan di Kota Mataram tersebut.

Pemenang tender adalah CV Karya Utama Nusantara, sebuah perusahaan asal Taeng, Kecamatan Palangga, Kabupaten Gowa, Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) ini mengalahkan 38 peserta untuk menggarap proyek yang pendanaannya dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Kementerian Pariwisata. “Sudah ada pemenang tender untuk pengerjaan Loang Baloq. Ada pemenangnya,” ujar Kepala Dinas Pariwisata Kota Mataram, H Nizar Denny Cahyadi di Mataram, kemarin.

Berdasarkan laman LPSE Kota Mataram. Pembangunan area terbuka Taman Hiburan Rakyat Loang Baloq ini dengan pagu anggaran Rp 11.214.608.825. Lalu dimenangkan oleh CV Karya Utama Nusantara dengan harga penawaran Rp 9.396.291.340. Harga penawaran ini menggungguli perusahaan lainnya. Kemudian CB Karya Utama Nusantara diputuskan menjadi pemenang tender. “Iya jadinya ada efisiensi anggaran ratusan juta,” katanya.

BACA JUGA :  Sopir Taksi Online dan Taksi Konvensional di Mataram Nyaris Bentrok

Setelah pemenang tender diketahui. Lalu dilanjutkan dengan masa sanggah yang sudah diselesaikan. Proyek pengerjaan Taman Hiburan Loang Baloq segera dilanjutkan penandatanganan kontrak. Proses ini akan diupayakan dalam waktu dekat. “Insyaallah hari Rabu besok untuk tanda tangan kontraknya. Karena pemenangnya sudah ada,” ungkapnya.

Sebelumnya, Dinas Pariwisata cukup disibukkan dengan tahapan dan proses kelengkapan dokumen tender Loang Baloq. Beragam persiapan dokumen yang dibutuhkan terus dilengkapi. Sempat muncur kehawatiran tentang tender yang tak kunjung dilaksanakan.

Dinas Pariwisata pun berpacu dengan waktu. Karena tenggat waktu yang ditentukan pemerintah pusat untuk tender proyek yang berasal dari DAK semakin dekat. Tahapan tender kini sudah dilalui dengan sukses. “Kalau lelangnya itu selesai sesuai jadwal. Pengumuman pemenang juga sudah sesuai jadwal. Sekarang kita tinggal tanda tangan kontrak,” terangnya.

BACA JUGA :  Oknum Pejabat Diduga Bekingi Izin Mini Mart

Setelah kontrak pengerjaan ditandatangani. Proyek pengerjaan Loang Baloq segera dilaksanakan. “Nanti langsung kegiatan pembangunan. Makanya ini kita tunggu tandatangan kontrak. Lalu selanjutnya di awal Agustus sudah mulai pengerjaan sampai akhir tahun nanti,” jelasnya.

Asisten II Setda Kota Mataram, H Mahmudin Tura juga menjelaskan, sudah ada pemenang tender pengerjaan area terbuka pariwisata Taman Hiburan Rakyat Loang Baloq. Sebelumnya, untuk proyek yang bersumber dari DAK. Harus sudah terkontrak maksimal 21 Juli. Namun ketentuan tersebut dirubah dengan waktu yang diperpanjang maksimal 31 Agustus mendatang.

Perpanjangan ini pun segera disikapi Kota Mataram. Tender proyek yang bersumber dari DAK, termasuk penataan Loang Baloq dipercepat untuk dituntaskan. “Tetap kita berjalan sesuai dengan rencana. Sekarang tinggal menunggu tandatangan kontrak untuk segera dikerjakan,” terangnya. (gal)