Proyek Dermaga Labuhan Haji Tinggal Tunggu Kontrak

SELONG—Sejumlah tahapan terkait pembangunan Dermaga Labuhan Haji tahap dua, sebagian besar sudah rampung. Termasuk proses tender yang dipastikan sudah selesai. Sehingga kini pengerjaan mega proyek dermaga tersebut hanya tinggal menunggu proses penandatanganan kontrak saja dengan pihak pemenang tender.

“Saat ini sedang dalam proses kontrak. Jadi masih dalam proses ,” sebut Plt Kadis Dinas Pekerjaan Umum (PU) Lotim, Satriadi, kemarin (7/8).

Berbagai proses menyangkut pengerjaan dermaga itu sepenuhnya akan dituntaskan. “Kita ingin menyelesaikan segala sesuatunya dulu,” jelas Sateriadi seraya menyampaikan, meski pemendang tender sudah diumumkan beberapa waktu lalu, namun dia sendiri belum mengetahu siapa pihak kontraktor yang akan mengerjakan dermaga itu.

Terkait itu sambungnya, yang lebih mengetahui adalah bidang terkait, dalam hal ini bidang pengairan. “Pemenang tender sudah (ada). Tapi saya tidak tahu nama PT nya,” jawab Satriadi dengan tawa khasnya.

Pengerjaan dermaga ini sambungnya, pihak kontraktor telah melakukan sejumlah persiapan. Bahkan pihak kontraktor telah mulai melakukan pengukuran di lokasi yang akan mereka kerjakan.

Dengan anggaran sekitar Rp. 35 miliar dari APBD lanjutnya, sepenuhnya akan dialokasikan untuk pengerukan tempat berlabuh kapal dengan kedalaman sampai 7 meter. Sementara untuk pengerjaan lainnya, seperti break water (pemecah gelombang) itu akan menyusul belakangan. “Anggaran dari APBD hanya untuk pengerukan saja,” sebutnya.

Sedangkan untuk pengerjaan sejumlah fasilitas di Dermaga Labuan Haji ini, sebagian akan dibantu pemerintah pusat. Karena pusat sendiri sejauh ini telah menganggarkan  review untuk rencana induk pelabuhan. Anggaran pusat itu akan digelontokan dari APBN. “Review itulah yang menjadi dasar pihak pusat untuk mengalokasikan anggaran bagi pengembangan Dermaga Labuan Haji,” tutup Sateriadi. (lie)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid