Protes Depo Sampah, Warga Blokir Jalan

Protes Depo Sampah, Warga Blokir Jalan
BLOKIR: Warga Perumahan Aura Mutiara Jl.Batu Bolong Pagutan Barat melakukan pemblokiran jalan di sekitar depo sampah kemarin. (Sudir/Radar Lombok)

MATARAM-Warga Perumahan Aura Mutiara Jalan Batu Bolong Pagutan Barat memblokir jalan menggunakan sampah di dekat depo sampah setempat. Pemblokiran ini dipicu oleh keberatan warga akan pemanfaatan depo sampah tersebut. “ Warga marah karena depo itu bukan hanya menampung sampah warga Pagutan, tapi tukang sampah juga bawa gerobak sampah dari luar sampai Perumahan Gebang,” kata Ketua RT, Adam, kepada Radar Lombok kemarin.

Pemblokiran telah dilakukan sejak tanggal 30 Juni lalu. Warga membiarkan sampah berserakan di jalan. Warga juga memprotes tidak disiplinnya petugas pengangkut sampah yang tidak sebanding dengan volume sampah. Warga menjadi korban karena setiap hari harus mencium bau tak sedap dan serangan lalat.

Dikatakan Adam, awalnya depo ini khusus untuk  wilayah Pagutan Barat, namun sekarang dipakai menampung sampah dari tiga kelurahan.” Sudah kita bersurat ke kelurahan maupun Dinas Lingkungan Hidup, tapi belum ada respon,’’ kesalnya.

Warga meminta depo sampah setempat dipindah dari areal tersebut. Karena sejak awal warga  tidak setuju atas bangunan depo sampah setempat. jika tidak dipindah warga akan tetap melakukan pemblokiran.

Sementara itu Camat Mataram Hariadi mengatakan pihaknya telah memediasi warga serta berkoordinasi dengan Dinas Lingkungan Hidup. Ia mengakui sampah yang jarang diangkut menjadi keluhan utama warga.” Kita minta truk pengangkut ditambah sehingga sampah tidak terlalu lama di depo,’’ katanya.

Sampai saat ini  warga masih melakukan pemblokiran depo sampah. Sisa sampah telah diangkut truk pengangkut. Ia berharap warga tetap menjaga kondusivitas.(dir)

BACA JUGA :  Sopir Taksi Online dan Taksi Konvensional di Mataram Nyaris Bentrok