Promosikan Lombok Lewat Karya, Duet dengan Azharina Azhar

TERKENAL DI MALAYSIA: Rizal Badila disela-sela meluncurkan single berjudul Seribu Cinta di Mataram Lombok Epicentruk Mall Sabtu lalu (27/11) (Haeruddin/ Radar Lombok)

Berkat Syamsul Rizal atau yang lebih dikenal dengan Rizal Badila, nama Lombok  tidak hanya   dikenal sebagai pemasok TKI ke Malaysia tetapi juga melahirkan penyanyi. Nama Syamsul Rizal kini dikenal di Malaysia sebagai penyanyi asal Lombok.

 

 


Haerudin– Mataram


 

Suasana Lombok Epicentrum Mall sekitar pukul 16.00 Wita, Sabtu lalu (26/11) dipadati pengunjung. Mereka tidak sekedar datang berbelanja. Tidak sedikit yang memang datang untuk  menyaksikan peluncuran album Seribu Cinta  oleh  Rizal  Badila.

Rupanya Rizal kini mulai memiliki banyak penggemar. Begitu Rizal menyanyikan lagunya, banyak penonton yang berteriak, memanggil namanya.  Namun sebelum dikenal luas di Lombok, Rizal lebih dahulu terkenal di Malaysia.

Rizal  tidak pernah berpikir menjadi artis seperti saat ini. Seperti kebanyakan pemuda lain, Rizal ingin kuliah dan setelah itu bisa bekerja. Begitu menyelesaikan pendidikan di SMAN 1 Kopang, pria kelahiran Muncan, Lombok Tengah ini melanjutkan kuliah, namun akhirnya dia tidak bisa menyelesaikan kuliahnya karena kendala biaya. Rizal lalu memutuskan bekerja sebagai pemandu wisata di sebuah biro perjalanan.

Sekitar bulan Mei 2016 lalu, biro perjalanannya mendapat order mengantar rombongan wisatawan asal Malaysia. Ternyata di rombongan itu ada  keluarga  Ziana Zain  penyanyi Malaysia yang berlibur ke Lombok untuk merayakan ulang tahunnya. 

Rizal mencari tahu tamu yang akan dilayaninya itu. Begitu mengetahui ada penyanyi Malaysia, Rizal berencana memberikan kado istimewa. Maka, diciptakan lagu Tertipu lalu diperdengarkan. Rupanya, Ziana Zain tertarik. Rizal pun diundang ke Malaysia.

Sebelum bertemu Ziana Zain dan menciptakan lagu tertipu, Rizal juga sebelumnya pernah menciptakan lagu Harapan. Lagu itu lalu di-upload  di youtobe. Ternyata banyak yang menyukainya termasuk dari Malaysia.

Nama Rizal populer setelah lagunya berjudul Harapan dinyanyikan pada ajang pencarian bakat di Malaysia. Nama Rizal semakin dikenal setelah lagunya berjudul Tertipu dinyanyikan oleh Ziana Zain.   “ Saya masuk majalah harian Metro sekaligus photoshoot dan interview dan mendapatkan sponsor dari beberapa produk dan undangan job nyanyi dan kolaborasi dengan artis papan atas Malaysia,” ungkap pria kelahiran 12 September 1989 tersebut.

Rizal mendapatkan beberapa tawaran kolaborsi dari komposer ternama Malaysia.  Salah satu lagu ciptaan Rizal Seribu Cinta yang berhasil membawa Rizal untuk duet dengan Azharina Azhar sebagai artis populer di Malaysia. Lagu Seribu Cinta ini sudah diluncurkan pada 4 Oktober 2015 lalu di Malaysia pada  sebuah acara fashion  showterbesar yang digelar Auliabyrazman Raz. ”Saat itu dihadiri hampir semua komposer- komposer ternama dan disana saya tampil bersama beberapa artis terpopuler dari Asia MC dan pelawak Malaysia,” tambahnya.    Lagu Seribu Cinta kian dikenal di Malaysia. Lagu ini  dilirik oleh PH Institut Film dan dijadikan soundtrack film Qu Love You.

Rizal  merasa bangga dan bahagia dengan pencapaiannya ini. Ini membuktikan bahwa orang  Indonesia khususnya Lombok tidak hanya menjadi TKI di luar negeri tetapi bisa berkarya lewat musik seperti dirinya. 

Dirinyapun memilih berkarya di Malaysia karena disana memang ada kesempatan untuk menata karir bernyanyinya. “Alhamdulilah setelah ada keluar di  media Malaysia, saya ada beberapa tawaran di Jakarta dan kota lainnya namun saya harus fokus satu dulu,'' tambahnya. Kini Rizal telah mendapat kontrak kerja sama dengan label Azharina Entertaiment untuk lagu-lagunya.

Sebagai bentuk kecintaan terhadap daerahnya,   dalam setiap lagu, Rizal pun menyelipkan tentang Lombok.  Banyak warga Malaysia yang akhirnya tertarik datang ke Lombok.'' Mereka bangga karena selama ini orang Lombok hanya menjadi TKI disana namun bisa saya buktikan juga lewat karya,” ungkapnya. Bahkan ada  musisi dan produser di Malaysia dan Singapura yang tertarik membuat vidio clips di Lombok juga.

Dirinya juga berharap agar masyarakat Lombok selalu bangga dengan kekayaan alam yang dimilikinya, karena banyak sekali  wisatawan yang mengagumi objek wisata di Lombok.” Kita harus bangga dan mencintai daerah kita dengan mempromosikannya ke luar negeri,'' tutupnya. (*)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid