Promosi Wisata, Asita Gandeng Travel Agen Malaysia

Ilustrasi Travel Agen

MATARAM—Pangsa pasar pariwisata di Lombok yang cukup besar berasal dari Malaysia. Potensi pasar yang cukup besar asal Malaysia untuk berwisata ke Lombok ini, sekarang menjadi sasaran DPD Asita (Association of The Indonesian Tours and Travel Agencies) Provinsi NTB untuk menggaet sebanyak-banyaknya wisatawan asal Negeri Jiran itu berkunjung ke Lombok.

"Kami di Asita akan lebih fokus menggaet wisatawan asal Malaysia untuk semakin banyak lagi berkunjung ke Lombok, khususnya menikmati wisata halal," kata Ketua DPD Asita NTB, Dewantoro Umbu Joka, Selasa kemarin (28/2).

Untuk menggaet lebih banyak lagi wisatawan asal Malaysia menikmati pariwisata Lombok, lanjut Wanto, sapaan akrabnya, Asita NTB pada awal Maret 2017 ini akan berkunjung ke Kuala Lumpur, Malaysia, bertemu dengan ratusan pengusaha Travel Agen Malaysia yang tergabung dalam MATA. Pertemuan tersebut berlangsung B to B (business to business), dengan pelaku usaha pariwisata di Malaysia.

Dalam pertemuan tersebut, Asita NTB akan menjalin kemitraan dengan menjual paket wisata halal Lombok, dengan skema saling menguntungkan diantara para travel agen.

[postingan number=3 tag=”ekonomi”]

Menurut Wanto, pada tahun 2016, kunjungan wisatawan asal Malaysia cukup tinggi. Bahkan menjadi yang terbanyak datang berwisata ke Lombok setiap bulannya. Hal tersebut sangat didukung dengan adanya penerbangan langsung dari Kuala Lumpur – Lombok. Apalagi sekarang ini penerbangan langsung dari Kuala Lumpur – Lombok dalam sehari ada sebanyak tiga kali fligt langsung.

Peluang untuk memasarkan wisata halal dan lainnya ke Lombok di Malaysia masih terbuka lebar. Bahkan pintu masuk untuk wisatawan asing lainnya dari berbagai negara di dunia dari Malaysia ke Lombok juga berpeluang besar. Karena itu, peluang tersebut juga akan menjadi pembahasan saat bertemu dengan ratusan travel agen di Kuala Lumpur, Malaysia.

"Branding wisata halal Lombok menjadi angin segar untuk mendatangkan turis asal Malaysia. Termasuk juga Malaysia sebagai pintu masuk untuk mendatangkan turis dari negara lainnya ke Lombok," ujar Wanto.

Selain menjalin kemitraan dengan travel agen asal Malaysia untuk menghadirkan wisatawan ke Lombok, sambung Wanto, DPD Asita NTB juga sudah memprogramkan menggaet wisatawan asal Cina, Brunei Darussalam dan beberapa negara potensial lainnya. Asita NTB, juga akan menjalin kemitraan dengan Asosiasi travel agen asal negara-negara tersebut. “Kami di Asita akan all out untuk mendukung dan memajukan pariwisata NTB menjadi semakin maju dan ramai," tutup Wanto. (luk)  

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid