Program MKKS SMP/MTs Kota Mataram Diapresiasi

OLIMPIADE: Puluhan siswa kala mengikuti Olimpiade MIPA berbasis CBT yang berlangsung di MTsN 1 Mataram dan di SMPN 2 Mataram (NASRI/RADAR LOMBOK)

MATARAM— Olimpiade Matematika IPA berbasis Computer Based Test (CBT) yang diprakarsai Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP/MTs Kota Mataram mendapat apresiasi banyak pihak. Diantaranya dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kota Mataram.

Selain itu, apresiasi dating pula dari MKKS Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur. Apresiasi ini disampaikan saat menggelar studi banding di Mataram.

“Program kami dapat apresiasi dari MKKS yang berasal dari luar NTB, saat mereka datang studi banding belum lama ini,” kata Ketua MKKS SMP/MTs sekaligus Kepala SMPN 2 Mataram, H. Lalu Suwarno, Rabu kemarin (22/3).

[postingan number=3 tag=”pendidikan”]

Dijelaskannya, adapun tema yang diangkatnya adalah menjunjung tinggi nilai dan karakter siswa. Diantaranya seperti jujur, bersahabat, kerja keras dan menghargai prestasi. Olimpiade MIPA dengan sistem CBT ini mendapat respon positif baik dari SMP dan MTs yang ada di Kota Mataram. Terbukti, dengan banyaknya yang mengikuti lomba tersebut, tercatat peserta IPA sebanyak 65 siswa dan Matematika 71 siswa.

Dikatakannya juga, peserta lomba kali ini cukup banyak, karena MKKS berharap siswa SMP maupun MTs nantinya di Kota Mataram terbiasa menjawab soal dengan komputer. Karena kegiatan yang diselenggarakan tersebut bertujuan menggali potensi yang dimiliki siswa.

Kegiatan tersebut dinilai memiliki anggaran yang cukup besar. Namun pihaknya hanya menyiapkan anggaran dari dana MKKS seadanya. Sehingga pelaksanaannya tidak ada yang berlebihan, justeru intisari dari olimpiade yang dilaksanakannya itu murni untuk meningkatkan mutu semua siswa yang ada di Kota Mataram.

Tidak hanya itu, dalam kegiatan tersebut pihaknya memang mempersiapkan untuk para siswa dalam rangka pembiasaan terhadap teknologi. Karena kedepannya, semua sekolah sudah dipastikan akan menggunakan CBT baik dalam Ujian nasional bahkan dalam ulangan semeter juga.

Terpisah, anggota MKKS Kota Mataram sekaligus Kepala SMPN 7 Mataram, H. Muhamad Sibawaih mengatakan, kegiatan  tersebut bertujuan menjaring siswa yang berbakat di bidangnya masing-masing. Dengan demikian, persiapan calon juara untuk perwakilan Kota Mataram, baik yang ada di SMP maupun MTs akan terlihat jelas nantinya.

Bahkan momen ini jika terus berjalan, tidak menutup kemungkinan sebagai wadah untuk mengumpulkan para calon jawara yang akan mengahrumkan nama daerah. Tidak hanya itu, dengan momen ini, siswa akan dengan mudah dikumpulkan dan diberikan pembinaan sehingga potensi yang ada akan terus dan senantiasa berkembang dan memberikan prestasi terbaiknya untuk Kota Mataram. (cr-rie)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid