Program IGA Astra Motor NTB Bantu Warga Desa Bengkaung

IGA Astra Motor NTB
Program IGA Astra Motor NTB di Desa Bengkaung, Kecamatan Batulayar, Lombok Barat.

GIRI MENANG – Pandemi Covid-19 memberikan dampak yang signifikan terhadap perekonomian masyarakat khususnya di NTB, akibatnya kondisi perekonomian masyarakat yang belum stabil menjadi semakin lesu, terutama pada sektor pariwisata. Pandemi Covid-19 juga menyebabkan peningkatan angka pengangguran. Melihat hal tersebut, Astra Motor NTB selaku Main Dealer sepeda motor di wilayah Nusa Tenggara Barat melalui program IGA (Income Generate Activity) kembali berbagi kepedulian untuk masyarakat yang kurang mampu yang belum memiliki keterampilan dalam berwirausaha untuk meningkatkan perekonomian dimasa pandemi untuk salah satu desa binaannya. 

Desa Bengkaung merupakan Desa yang dipilih Astra Motor untuk menjalankan program CSR. Desa Bengkaung terletak di Kecamatan Batulayar,  Kabupaten Lombok Barat,  Provinsi  Nusa Tenggara Barat. Desa ini merupakan satu dari 8 desa yang berada di kecamatan Batulayar. Diketahui di Desa Bengkaung terdapat potensi budidaya Madu Trigona yang perlu dimaksimalkan. Dengan memberikan pembinaan serta modal usaha bagi warga setempat, Astra Motor NTB memberikan peluang kerja baru kepada masyarakat Desa Bengkaung. Tujuan CSR Astra Motor NTB ini juga diselaraskan dengan tujuan Pemerintah untuk mengembangkan Desa Bengkaung sebagai Destinasi Wisata lokal.

Melalui program IGA (Income Generate Activity) yang telah berjalan semenjak tahun 2016 ini, Astra Motor NTB telah membantu menciptakan peluang usaha baru bagi masyarakat binaannya yang kurang mampu untuk berwirausaha secara mandiri. Beberapa program CSR tersebut, antara lain mencetak peternak kambing yang handal di Desa Dopang dan Guntur Macan, menciptakan petani jamur tiram yang lebih profesional di Kelurahan Pagutan dan saat ini program yang tengah dijalankan, yaitu pada budidaya lebah madu trigona di Desa Bengkaung dan penambahan petani jamur tiram di Desa Gelogor Kec. Kediri Kab. Lombok Barat.

Budi daya lebah madu Trigona belum banyak diketahui oleh masyarakat pada umumnya. Lebah Madu Trigona menghasilkan madu dari sekresi gula tumbuhan (nektar bunga) atau dari sekresi serangga lain (seperti honeydew atau madu serangga), yang terbentuk melalui regurgitasi, aktivitas enzimatik, dan penguapan air, disimpan dalam struktur lilin yang disebut sarang lebah.

Kepala Wilayah Astra Motor NTB Budi Yanto mengatakan sebagai perusahaan multinasional, Astra Motor NTB memiliki tanggungjawab sosial dengan mengimplementasikan program CSR kepada masyarakat kurang mampu di daerah NTB.

“Kami memberikan bantuan berupa setup koloni lebah madu trigona beserta dengan rumah setup. Secara konsisten tim kami juga memberikan pelatihan dan pembinaan serta pemberian modal usaha untuk dikembangkan menjadi salah satu sumber tambahan penghasilan untuk warga Desa Bengkaung Lombok Barat. Kami juga memfasilitasi untuk pengembangan kemasan packaging produk Madu Trigona agar saat siap dipasarkan nanti, nilai jualnya menjadi lebih tinggi. Serta tim kami membantu penjualan produk ke beberapa toko oleh-oleh yang cukup ternama di Lombok,” jelas Budi Yanto.

Bentuk kepedulian ini juga tak hanya sebatas membantu warga Desa binaan untuk menambah penghasilan bulanan, Astra Motor NTB juga menginisiasi untuk mendirikan kegiatan Rumah Baca Sahabat Pintar, sebagai wadah yang positif untuk warga Desa Bengkaung terutama remaja dan anak-anak.

“Karena buku adalah jendela dunia dan juga saat ini banyak sekolah yang melakukan daring, sehingga sangat diperlukan anak-anak untuk belajar lebih maksimal, dengan harapan kehadiran Rumah Baca Sahabat Pintar ini anak-anak di Desa Bengkaung dapat semakin giat belajar dan membaca,” lanjut Budi Yanto.

Ditambahkan Ni Nyoman Swastini, selaku penanggungjawab program IGA (Income Generate Activity) Astra Motor NTB, Desa Bengkaung kedepannya akan dicanangkan sebagai kawasan destinasi wisata lokal. Tentunya dengan hasil budi daya lebah madu trigona ini dapat dijadikan angkringan sehat bagi wisatawan.

“Warga Desa Bengkaung juga memanfaatkan hasil budi daya madu trigona ini untuk menarik minat wisatawan lokal yang ingin mencoba mencicipi madu trigona langsung dari sarangnya atau yang sudah diolah menjadi juice beepolen,” ungkap Tini. (luk)

BACA JUGA :  Astra Motor NTB Edukasi Keselamatan Berkendara Murid TK