Prof Lalu Husni Tuntaskan Menuju Unram GOALS 2026

Prof H Lalu Husni (IST/ RADAR LOMBOK)

MATARAM –  Calon Rektor Universitas Mataram (Unram) Prof H Lalu Husni dalam pencalonan kembali menjadi rektor mengusung misi Unram menuju “A Research-Based and International Competitive Technopreneurial University in 2026”. Misi ini nantinya dimpelementasikan dari bentuk visi, yakni implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dan akselerasi Capaian Indikator Kinerja Utama (IKU) untuk mewujudkan Unram Berdaya Saing Internasional.

“Pada prinsipnya nntuk mewujudkan visi misi tersebut, maka ditetapkan pilar kepemimpinan yang terdiri dari lima aspek, yaitu good university governance, organization performance, academic reputation, learning atmosphere transformation, dan student performance (Unram GOALS 2026),” beber Prof H Lalu Husni.

Dijelaskan Prof H Lalu Husni bahwa good university governance (tata kelola universitas yang baik) meliputi tata kelola dengan prinsip sederhana, transparan, akuntabel, bertanggungjawab, berkeadilan dan berkesinambungan. Organisation performance (kinerja organisasi) meliputi kinerja kelembagaan/organisasi yang ada di seluruh level universitas, fakultas dan prodi dengan pemanfaatan IT/kultur digital melalui Pemanfaatan TIK, dengan mengedepankan efesiensi, efektifitas, dan daya tanggap. Academic Reputations (reputasi akademik) meliputi pencapaian reputasi dalam bidang akademik yang dicerminkan dari nilai Akreditasi baik di tingkat universitas, fakultas maupun prodi dengan target predikat unggul.

Selain itu, reputasi akademik juga akan diperjuangkan melalui akreditasi, sertifikasi internasional, pencapaian pemeringkatan Nasional/Internasional dan pengembangan jejaring internasional. Learning Atmosphere Transformation (transformasi atmosfir belajar) di semua prodi dalam lingkup Unram melalui implementasi program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka dengan tujuan untuk meningkatkan kompetensi lulusan sehingga bisa lebih siap menghadapi

dunia kerja. Student Performances (kinerja mahasiswa yang baik) akan diupayakan melalui penciptaan budaya unggul dan berdaya saing, kreatif, inovatif, mandiri, terampil, kompeten, berbudaya dan menguasai IPTEK, di kalangan mahasiswa Unram sehingga mahasiswa Unram bisa berprestasi baik secara akademik maupun non akademik di tingkat nasional dan internasional.

“UNRAM-GOALS” di atas kemudian diharmonisasikan denganserangkaian Indikator Kinerja Utama (IKU) perguruan tinggi yang ditetapkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi serta Pilar- pilar pembangunan Universitas Mataram.

“Unram -GOALS 2026 optimis akan dicapai melalui upaya-upaya untuk menghasilkan keunggulan dalam pembelajaran, penelitian dan inovasi untuk membentuk Unram sebagai teaching university, research university dan technopreneurial university melalui penataan, pengembangan dan penumbuhan inovasi yang dikerjakan secara simultan,” jelasnya.

BACA JUGA :  Bupati Lombok Utara Kunjungi Siswa Al-Furqon NW Bayan

Dipaparkannya, upaya yang akan dilakukan untuk mencapai target rangking Unram di tingkat nasional dari peringkat 40 pada tahun 2022 menjadi peringkat 25 pada tahun 2026. Disamping itu, pada level Asia, target Asia University Ranking (AUR) Unram pada tahun 2022 berada pada peringkat 600 yang ke depannya ditargetkan naik menjadi peringkat 500 pada tahun 2026. Akhirnya, target untuk mencapai peringkat Unram  pada World University Ranking (WUR) pada tahun 2022 berada pada peringkat 2000 yang ke depannya ditargetkan menjadi peringkat 1000 di tahun 2026.

Program kerja unggulan ini mengacu pada RPJP Unram 2011-2025, Renstra Unram 2020-2024, implementasi UU-PT No. 12 tahun 2012, pengelolaan keuangan BLU, Kebijakan MBKM dan Indikator Kinerja Utama (IKU) perguruan tinggi. Oleh karena itu, strategi yang akan dilakukan jika diberikan amanah untuk mencapai Visi Unram 2025 adalah menerapkan kebijakan anggaran berbasis lima pilar pengembangan strategis, yaitu pendidikan pilar penelitian, pilar pengabdian kepada masyarakat, pilar sistem informasi, pilar perencanaan dan pilar kerja sama dan pilar tata kelola.

Menurutnya, program kerja dalam masing-masing pilar diarahkan untuk mendukung pencapaian 8 IKU perguruan tinggi, yaitu lulusan mendapatkan pekerjaan yang layak (IKU 1), Mahasiswa mendapatkan pengalaman di luar kampus (IKU 2), Dosen berkegiatan di luar kampus (IKU 3), Praktisi mengajar di dalam kampus (IKU 4), Hasil kerja dosen digunakan oleh masyarakat atau mendapat rekognisi internasional (IKU 5), Program studi bekerjasama dengan mitra kelas dunia (IKU 6), Kelas yang kolaboratif dan partisipatif (IKU 7), dan Program studi berstandar internasional (IKU 8).

Ada dua luaran utama dari program kerja unggulan yang akan dikembangkan pada program kerja Rektor periode 2022-2026, yaitu: (a) Luaran Akademik, diharapkan Universitas Mataram menjadi pusat ilmu pengetahuan berbasis riset yang kuat, dan Unram menghasilkan sumber daya manusia yang beriman, bertaqwa, profesional dan berbudaya, yang berdaya saing internasional. selanjutnya  (b) Luaran Administrasi, yang diharapkan tercapainya kinerja layanan tri dharma perguruan tinggi yang prima di Universitas Mataram berbasis Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum (PK-BLU). Dalam rangka pelaksanaan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka, dan dengan memperhatikan pencapaian IKU Perguruan Tinggi,’’ sehingga disusun beberapa program kerja unggulan yang tertuang dalam 5 pilar pembangunan Unram yakni pendidikan, penelitian , pengabdian kepada masyarakat, Perencanaan, Sistem informasi dan Kerjasama dan tata kelola.

BACA JUGA :  MTS NW Kilang Matangkan Persiapan UNBK

untuk diketahui, visi Unram “Menjadi Lembaga Pendidikan Tinggi Berbasis Riset dan Berdaya Saing Internasional Pada Tahun 2025”.

Sejalan dengan Visi Unram 2025 yang telah disahkan oleh Senat Unram, maka misi yang diemban dalam mewujudkan visi yakni Melaksanakan proses pendidikan tinggi berstandar mutu nasional dan internasional yang berbasis riset yang kuat dalam rangka untuk menghasilkan sumberdaya manusia beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berbudi pekerti luhur, memiliki kompetensidalam bidang bidangnya, dan berwawasan global. Melaksanakan kegiatan riset berstandar mutu nasional dan internasional untuk menghasilkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang dapat menambah hasanah ilmu pengetahuan, dan menjadi rujukan pemecahan masalah di masyarakat, dalam rangka mendukung proses pembelajaran bermutu kepada mahasiswa dan pengabdian kepada masyarakat.

Melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang didasarkan pada hasil riset, dalam rangka memberikan kontribusi untuk memecahkan berbagai persoalan yang timbul di masyarakat, mendorong pertumbuhan ekonomi, dan membangun sosial serta budaya masyarakat Indonesia. Membangun jaringan kerjasama yang luas dengan berbagai pihak, instansi pemerintah dan swasta, di dalam dan luar negeri, dalam rangka untuk mendukung pelaksanaan tri dharma perguruan tinggi yangberstandar mutu nasional dan internasional.  Melaksanakan tata kelola aset, keuangan dan administrasi yang memenuhi standar tata kelola Universitas yang baik, efisien, efektif, transparan dan akuntabel (good university governance), dalam rangka untuk mendukung pelaksanaan tri dharma perguruan tinggi yang berstandar mutu nasional dan internasional.

Terciptanya jaringan kerjasama yang luas dengan berbagai pihak, instansi pemerintah dan swasta, di dalam dan luar negeri, sehingga mampu mendukung pelaksanaan tri dharma pendidikan tinggi yang berstandar mutu nasional dan internasional. Terciptanya suatu sistem tata kelola aset, keuangan dan administrasi yang memenuhi standar tata kelola Universitas yang baik, efisien, efektif, transparan dan akuntabel (good university governance), dalam rangka untuk mendukung pelaksanaan tri dharma. (adi)