Prof Enny Yuliani Jabat WR III Unram

PELANTIKAN : Prof Enny Yuliani menjabat Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan saat mengambil sumpah jabatan.( IST/RADAR LOMBOK)
PELANTIKAN : Prof Enny Yuliani menjabat Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan saat mengambil sumpah jabatan.( IST/RADAR LOMBOK)

MATARAM – Rektor Universitas Mataram (Unram) Prof H Lalu Husni melantik Prof Dr Enny Yuliani sebagai Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan dan Alumni (WR III) Unram untuk periode antar waktu 2018-2022 di ruang Sidang Senat gedung Rektorat Unram, Jumat (27/3) lalu.

“Saya menyampaikan selamat atas amanah sebagai Wakil Rektor III kepada ibu Prof Enny Yuliani,” kata Prof Lalu Husni saat pelantikan WR III unram yang dihadiri sejumlah pimpinan Unram, diantaranya WR I Dr Agusdin, WR II Prof Kurniawan, WR IV Dr Yusron Saadi.

Seperti diketahui, WR III sebelumnya yakni Prof Dr Muhammad Natsir, SH., M.Hum telah meninggal dunia pada 11 Februari lalu. Mengingat tugas dalam mengurus mahasiswa dan alumni sangat banyak dan urgen, Rektor Unram Prof H Lalu Husni kemudian mempercepat penjaringan bakal calon WR III untuk menggantikan almarhum Guru Besar Ilmu Hukum tersebut.

Proses penjaringan itu telah mengantarkan mantan Wakil Rektor II itu sebagai calon yang memenuhi kualifikasi dan layak untuk menjabat posisi WR III Unram menggantika Prof H Muhammad Natsir.

“Saya yakin Prof Enny dapat melaksanakan tugas ini dengan sebaik lebihnya dengan pengalaman sebagai WR II, sehingga akan semakin mudah melakukan kordinasi dengan WR lainnya, dekan/wakil dekan di setiap fakultas,” kata Prof H Lalu Husni.

Prof Lalu Husni berharap agar program kemahasiswaan kedepan bisa berorientasi pada prestasi, baik pada level regional, nasional maupun internasional. Oleh Karena itu pembinaan kompetisi- kompetisi secara berjenjang bisa dilakukan khususnya pada event-event yang diselenggarakan oleh Kemendikbud.

Selain itu pihaknya mengingatkan untuk melakukan tracer study bagi alumni yang tamat dua tahun terakhir, sehingga bisa mengetahui masa tunggu dan mengetahui kepuasan pengguna khususnya dalam hal pencarian kerja, situasi kerja dan pemanfaatan kompetensi selama kuliah di Unram.

“Saat ini sudah ada aplikasi untuk keperluan tracer study, tinggal dikordinasikan dengan UPT Pustik dan UPT Pembinaan Karir,” katanya.

Rektor Unram ke-9 itu juga berpesan kepada Prof Enny agar melibatkan alumni yang sudah lama untuk meningkatkan partisipasi mereka dalam memajukan lembaga melalui pemikiran ide maupun materi.

Sementara itu, WR III Unram Prof Enny mengatakan, dirinya akan berupaya untuk meningkatkan pelayanan kemahasiswaan, menyiapkan pasar kerja bagi alumni serta berupaya optimal memaksimalkan peran alumni bagi almamater. Selain peningkatan prestasi kemahasiswaan, yang menjadi pokok juga adalah peningkatan kesejahteraan. Bagaimana agar jumlah mahasiswa yang menerima beasiswa menjadi lebih banyak.

“Saya berharap mampu menyiapkan link dengan BUMN bagi mahasiswa, agar beasiswa bisa diterima secara optimal oleh mahasiswa Unram yang membutuhkan,” jelasnya.

Selain itu yang menjadi indikator juga adalah jumlah mahasiswa yang berwirausaha, karena itu menjadi salah satu kriteria prestasi mahasiswa.

“Kedepan juga kita akan berupaya untuk membuka ikatan alumni di daerah-daerah, agar tidak hanya di NTB, namun di luar daerah yang penting alumni Unram,” pungkasnya. (adi)