Prof Akmaluddin Siap Bawa Unram Berdaya Saing Internasional

Prof Akmaluddin (ABDI ZAELANI/RADAR LOMBOK)

MATARAM – Di era revolusi industri 4.0, pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi merupakan tujuan utama riset di Perguruan Tinggi. Itulah mengapa sejumlah perguruan tinggi di dunia menempati posisi strategis dan terkemuka karena menempatkan riset sebagai salah satu Tri Dharma PT. Hal ini selaras dengan Visi Universitas Mataram yang berbasis riset yang bermuara pada daya saing internasional.

“Visi misi dan program kerja yang saya akan lakukan jika terpilih nanti menjadi Rektor Unram Priode 2022-2026 ini tidak lepas dari komitmen kita semua untuk mewujudkan Universitas Mataram sebagai kampus yang kompetitif, solutif dan bermartabat,” kata kata Calon Rektor Unram nomor urut 1 Prof Akmaluddin beberapa waktu lalu.

Dikatakannya, civitas akademika Unram harus tampil mendorong dan melakukan perubahan di masyarakat dengan modal ilmu pengetahuan, leadership dan skill yang memadai. Merdeka Belajar Kampus Merdeka yang dicanangkan kementerian pendidikan dan kebudayaan memberi ruang kebebasan untuk berinovasi menjalankan Tridharma perguruan tinggi, yang basisnya adalah merekognisi segala aktivitas pendidikan mahasiswa sebagai satuan kredit melalui konversi.

BACA JUGA :  Seragam Gratis 99 Persen Sudah Dimanfaatkan Siswa

menurutnya, demi terwujudnya Visi Unram menjadi Lembaga PendidikanTinggi berbasis riset dan berdaya saing internasional tahun 2025.pihaknya sudah menyiapkan visi dan misi sertar program kerja yang terukur. Visi ini menitik-beratkan peran sentral riset dalam menunjang pelaksanaan tri dharma pendidikan tinggi sebagai satu kesatuan yang utuh, baik pada level individu sivitas akademika, maupun level institusional.

“Kata kunci dalam visi tersebut adalah riset dan daya saing internasional. Oleh karena itu sinkronisasi riset (penelitian) dalam kesatuan tri dharma sangat diperlukan untuk memperkaya materi pembelajaran, inovasi-inovasi baru dalam bentuk publikasi ilmiah bereputasi serta produk-produk teknologi tepat guna yang dapat diaplikasikan langsung oleh masyarakat dan dunia industri,” jelasnya.

Visi Unram yang telah menjadi komitmen bersama seyogyanya berada pada hati dan jiwa setiap insan akademik Unram. Dengan demikian, setiap insan akademik dalam melaksanakan kewajiban Tri-dharmanya sudah sepantasnya mengarah kepada pencapaianVisi tersebut.

BACA JUGA :  Siswa Tuntut Kasek SMAN 1 Selong Mundur

Guna mewujudkan Visi Unram 2025, maka misi, tujuan dan sasaran telah dirumuskan dalam suatu kerangka Rencana Pengembangan Jangka Panjang (RPJP) Unram  2010-2025. Dalam RPJP tersebut, rencana pengembangan Unram dibagi dalam tiga periodesasi rencana pengembangan. Periode I (2010-2015), merupakan periode “Standarisasi Nasional Tri Dharma Pendidikan Tinggi  dalam rangka penguatan daya saing nasional Unram. Periode II (2016-2020), merupakan periode Standarisasi Asia Tri Dharma Pendidikan Tinggi dalam rangka penguatan daya saing regional Unram.

Selanjutnya untuk Periode III (2021-2025), merupakan periode Internasionalisasi Unram dalam rangka penguatan daya saing internasional Unram.

“Visi kepemimpinan yang saya usung adalah Universitas Mataram yang kompetitif, solutif dan bermartabat. Visi ambisius ini hanya akan terwujud bila civitas akademika Universitas Mataram berkomitmen dan bersinergi,” katanya.  (adi)