Prodi TI Unram Berikan Pembinaan Guru SDN 1 Terong Tawah

PELATIHAN : Dosen Ario Yudo Husodo, Fitri Bimantoro, Gibran Satya Nugraha, Arik Aranta, berpose bersama guru SDN 1 Terong Tawah. (ABDI ZAELANI/RADAR LOMBOK)

GIRI MENANG – Program Studi Teknik Informatika Universitas Mataram (Unram)  melaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) kepada guru di Sekolah Dasar Negeri (SDN) 1 Terong Tawah, Lombok Barat terkait pelatihan penggunaan media open source dalam meningkatkan efektivitas penggunaan media daring di masa pandemi Covid-19.

Kegiatan PKM dihadiri Ketua Program Studi Teknik Informatika Prof I Gede Pasek Suta Wijaya, Kepala SDN 1 Terong Tawah, Husen, Dosen Ario Yudo Husodo dan perwakilan mahasiswa Haidar Rahman.

“Pada intinya, SDN 1 Terong Tawah dipilih melakukan pengabdian untuk berbagai ilmu tentang teknologi,” kata Ketua Program Studi Teknik Informatika, Prof I Gede Pasek Suta Wijaya kepada Radar Lombok, kemarin.

Dikatakannya, penerapan belajar dari rumah pada masa pandemi Covid-19, kondisi di SDN 1 Terong Tawah belum menerapkan pembelajaran berbasis e-learning. Saat ini pembelajaran berbasis e-learning memiliki berbagai macam bentuk, seperti dapat melalui media website yang didaftarkan oleh sekolah ke penyedia domain atau bekerja sama dengan mitra. Namun hal ini memerlukan kebijakan khusus dalam proses implementasinya diperlukan biaya yang khusus dalam pengelolaan dan perawatannya atau proses instalasi aplikasinya.

BACA JUGA :  Juara Nasinal Karate 2016

“Kita akui guru di SD Negeri 1 Terong Tawah belum terbiasa dalam pembelajaran secara daring. Makanya di sini lokasi untuk melakukan pembinaan,” ujarnya.

Melalui kegiatan pelatihan penggunaan e-learning yang bersifat open source diharapkan dapat menjadi solusi yang dapat menjawab persoalan dihadapi. Di mana aplikasi yang dikembangkan merupakan media gratis handal, mudah dioperasikan, dan dapat dibuka pada berbagai perangkat yang terkoneksi internet seperti laptop/komputer/smartphone, dimana dalam hal ini apabila terdapat peserta didik yang tidak memiliki perangkat yang dibutuhkan.

BACA JUGA :  Kasus Orangtua Murid Aniaya Guru, Masyarakat Diminta Jadikan Pelajaran

Sementara itu, Kepala SDN 1 Terong Tawah, Husen S.Pd mengatakan setelah adanya pelatihan ini menyebabkan tenaga pendidik yang ada di SDN 1 Terong Tawah melek teknologi.

“Alhamdulillah, kami berterima kasih kepada prodi Teknik Informatika Unram yang telah berbagi ilmunya kepada guru-guru kami dalam hal pemanfaatan media open source sebagai media pembelajaran online,” ucapnya.

Untuk diketahui, SD Negeri 1 Terong Tawah merupakan sekolah yang memiliki akreditasi A terletak di Kecamatan Labuapi dan telah menerapkan K-13. SDN 1 Terong Tawah memiliki 10 guru, 136 siswa laki-laki, 102 siswa perempuan, 6 ruang kelas, 1 perpustakaan dan masih belum memiliki akses internet.

“Mudah-mudahan kegiatan pelatihan ini berlanjut,” harapnya. (adi/adv)