Prodi Seni Rupa Undikma Gelar Pelatihan Cetak Digital

Prodi Seni Rupa Undikma
PELATIHAN - FBMB Progam Studi Seni Rupa, UNDIKMA menggelar kegiatan pengabdian kepada masyarakat di Desa Selebung.( Ist/ Radar Lombok)

PRAYA – Fakultas Budaya Manajemen dan Bisnis (FBMB) Progam Studi Seni Rupa, Universitas Pendidikan Mandalika (UNDIKMA) menggelar pengabdian kepada masyarakat mengangkat tema pemberdayaan masyarakat melalui pelatihan cetak digital. Kegiatan pelatihan cetak digital, diikuti oleh 30 orang pemuda yang berasal dari Desa Selebung, Kecamatan Janapria, kabupaten Lombok Tengah (Loteng).

Ketua Program Studi Seni, Rupa Pyo Apriliana mengatakan pelatihan berlangsung dalam beberapa tahap dan dimulai pada Sabtu 21 Desember 2019 bertempat di Aula Kantor Desa Selebung. Materi pelatihan ada tiga yaitu desain grafis (pra produksi), latihan cetak digital untuk baju kaos, mug dan asesoris (gantungan kunci, pin, bross jilbab).

“Termasuk materi pemasaran produk melibatkan dosen desain grafis dan cetak digital Prodi Seni Rupa,” kata Ketua Program Studi Seni, Rupa Pyo Apriliana kepada Radar Lombok, kemarin.

Dikatakan Pyo sapaan akrabnya, untuk hari pertama peserta diajarkan ketiga materi tersebut secara langsung dari pagi sampai sore sebagai langkah pengenalan sekaligus pengelompokan minat peserta dalam memilih cetak digital yang akan ditekuni. Di hari pertama ini sebagian peserta sudah bisa mengerjakan beberapa item produksi yang dilatih. Hal ini tidak terlepas dari kesungguhan peserta itu sendiri, sehingga semua materi dengan cepat ditangkap dan bisa praktek langsung dengan baik.

Sementara itu, Kepala Desa Selebung Moh Mely menyampaikan terima kasih kepada Prodi Seni Rupa UNdikma atas kerja sama dalam melaksanakan program pemberdayaan masyarakat di Desa Selebung. Mely menuturkan bahwa kegiatan ini diawali dengan kerja sama tertulis yang didalamnya mengatur tentang semua hal yang berkaitan dengan pelaksanaan program.

“Saya senang melihat semangat peserta. Sekarang mereka tahu dan sebagian sudah bisa menyablon baju, mug dan lain-lain, sehingga kedepan semua kebutuhan yang berkaitan dengan cetak digital baik dari masyarakat Desa Selebung dan dari luar bisa memesan di BUMDes Selebung,” katanya.

Sementara itu, Hubungan Masyarakat (Humas) UNDIKMA Ismail Marzuki menyampaikan bahwa dalam dua tahun terakhir, UNDIKMA melalui program studi yang ada telah menjalin kerja sama pelatihan dengan beberapa desa di Lombok dan Sumbawa.

“Saat ini kami memiliki beberapa usaha kreatif yang bisa dilatih kepada masyarakat, seperti pelatihan detergen, jamur tiram, sepuh emas, cetak digital, mural, penggemukan sapi, pengelolaan pakan ternak, pembuatan pupuk dan lain-lain,” terangnya. (adi)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid
Berita sebelumyaDua Jambret Nyaris Tewas Dihakimi Massa
Berita berikutnyaWinengan Ancam Tutup Jalur Batubara PLTU