Prestasi Kota Mataram Terus Melejit

Kota Tua Ampenan
Kota Tua Ampenan

MATARAM – Kota Mataram memasuki usia ke-25 tahun pada 31 Agustus 2018, hari ini. Di tengah suasana pasca bencana gempa bumi yang mengguncang Pulau Lombok berkali-kali sejak akhir bulan Juli 2018 telah banyak mendulang prestasi tingkat nasional.

Wali Kota Mataram, H Ahyar Abduh mengatakan, di usianya yang seperempat abad, daerah ini telah menunjukkan perkembangan progresif diberbagai bidang. Di sisi ekonomi, saat ini berada pada angka 8,12 persen, dengan laju pertumbuhan investasi sebesar 16,54 persen. Pertumbuhan ini disebutnya semakin menguatkan struktur perekonomian Kota Mataram sebagai kota dengan struktur jasa. Laju inflasi sebagai indikasi stabilnya perekonomian pun berhasil dipertahankan pada angka 3,59. ‘’Prestasi terus terukir, kita tetap semangat terus membangun Kota Mataram, kota tercinta,’’ katanya, Kamis kemarin (30/8).

BACA JUGA: Pemkot Mataram Masih Mampu Tangani Pengungsi

Sementara peran aktif masyarakat untuk memberdayakan diri disebutnya terlihat dari tingkat partisipasi angkatan kerja yang berada pada angka 64,53 persen. Angka ini sejalan dengan tingkat kesempatan kerja yang mencapai 94,65 persen. Di sisi lain, pengelolaan keuangan daerah yang dilakukan secara tertib, transparan dan akuntabel juga menjadi aspek penting yang harus dipatuhi.

Ahyar mengatakan, realisasi anggaran pendapatan daerah pada 2017 mencapai 99,98 persen. Sementara realisasi anggaran belanja daerah 2017 sebesar 91,37 persen. Progresivitas juga tampak dari angka IPM Kota Mataram yang termasuk dalam kategori tinggi dan berada pada angka 77,20.