Presiden Jokowi Siap Resmikan Bendungan Terbesar di NTB

Bendungan Bintang Bano di Sumbawa siapa diresmikan Presiden Jokowi. (IST/KEMENPU PR)

MATARAM–Presiden Jokowi dijadwalkan meresmikan bendungan terbesar di NTB, Kamis (13/1/2022). Yakni Bendungan Bintang Bano.

Guna mematangkan persiapan peresmian, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono meninjau kesiapan peresmian Bendungan Bintang Bano di Kabupaten Sumbawa Barat itu, Rabu (12/1).

Bendungan Bintang Bano akan menjadi bendungan ketiga di NTB yang diresmikan Presiden Jokowi setelah Tanju pada 2018 dan Mila pada 2019. Bendungan ini juga yang terbesar kapasitas tampungnya di NTB dengan volume 76 juta meter kubik.

BACA JUGA :  Jokowi Minta Airlangga Jadi Komandan PPKM Darurat di Jawa-Bali

“Bendungan ini bermanfaat untuk irigasi lahan pertanian seluas 6.700 ha. Diharapkan dengan adanya bendungan ini, lahan tersebut akan bisa ditanami padi 2 kali setahun,” ujar Menteri PUPR.

BACA JUGA :  Jokowi Hadiri KTT APEC Secara Virtual dari Lombok, PLN Pastikan Listrik Aman

Bendungan ini dibangun oleh kontraktor PT Brantas Abipraya – PT Hutama Karya – PT Bahagia Bangun Nusa (KSO). Bendungan ini juga berfungsi untuk pengendalian banjir, pemenuhan kebutuhan air baku, potensi menghasilkan listrik dari tenaga air dan panel surya terapung, serta tujuan pariwisata. (PUPR/RL)