Presiden Jokowi akan Nonton Langsung MotoGP

Lendek Jayadi (M Haeruddin/Radar Lombok)

PRAYADinas Kebudayaan dan Pariwisata Lombok Tengah mengaku telah menyiapkan sekitar 1075 tenda di KEK Mandalika. Tenda ini disediakan untuk memenuhi ketersediaan akomodasi saat event MotoGP yang akan berlangsung di Sirkuit Mandalika. Ribuan tenda ini ditaksir bisa menampung sekitar 2000 orang penonton.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Lombok Tengah, Lendek Jayadi menerangkan, akomodasi camping ground ini disiapkan sejumlah perusahaan. Direncanakan ada 1075 tenda yang akan digunakan untuk menampung kekurangan akomodasi penginapan tersebut. “Kalau kapasitas yang bisa ditampung di tenda ada 2000-an khusus di Lombok Tengah. Tenda khusus ini nantinya akan ditempatkan di lahan ITDC sebelah timur Puri Rinjani. Kalau kita gabungkan, maka termasuk hotel kita punya 5058 kamar dengan kapasitas 12.296 orang,” ungkap Lendek Jayadi, Minggu (6/3).

BACA JUGA :  Antisipasi Dampak PPKM Darurat Jawa-Bali

Jika dilihat dari berbagai akomodasi yang ada, pihaknya optimis penonton yang datang bisa tertampung dengan baik. Terlebih pemanfaatan desa wisata juga sudah mulai dicanangkan dari ujung selatan hingga Utara. “Kalau lokasi camping ground nanti akan berada di dua titik dan berada di kawasan ITDC,” terangnya.

Head of Marketing Mandalika Grand Prix Association (MGPA), Aji Aditra Perdana mengatakan, Presiden RI, Joko Widodo akan hadir langsung menonton event balap dunia MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika. Jokowi direncanakan akan hadir pada seri terakhir atau 20 Maret mendatang didampingi sejumlah menteri dan pejabat negara lainnya. “Kami akan menyiapkan lokasi menonton terbaik untuk presiden. Karena presiden rencananya akan menempati kursi kelas VIP Hospitality Suites-Premiere Class. Jadi tribun Presiden duduk nantinya memiliki kapasitas 900 penonton,” terangnya.

BACA JUGA :  Gubernur Didesak Bubarkan Yayasan Assunnah

Jika Presiden tidak berkenan duduk di tribun yang telah disediakan, pihaknya akan perkenankan presiden duduk di tribun mana saja. Jika tribun yang rencananya akan ditempati presiden memiliki sejumlah keunggulan dibandingkan tribun kelas lainnya. “Intinya, kami selaku penyelenggara akan menyiapkan yang terbaik untuk presiden dan tempat duduk presiden menghadap garis lurus start dan finish serta beberapa tikungan. Selain itu, di sana juga berada di atas garasi sehingga penonton dapat melihat secara langsung kesibukan pembalap dan kru sebelum atau saat balapan berlangsung,” terangnya. (met)