Prangko Khusus Seri MotoGP Mandalika Diburu Kolektor Luar Negeri

Ratna/Radar Lombok

MATARAM  – PT Pos Indonesia Cabang Mataram mengeluarkan prangko terbaru khusus seri MotoGP Mandalika, Lombok. Peluncuran prangko edisi terbatas ini dilakukan hanya pada momentum MotoGP Mandalika, Lombok pada 18-20 Maret 2022.

“Prangko bergambar Sirkuit Mandalika ini hanya diproduksi oleh Kantor Pos Mataram dan hanya untuk event  MotoGP, sehingga belum terbit secara umum di Indonesia,” kata Eksekutif General Manager PT Pos Indonesia Cabang Mataram, Ahmad Saiful Bahri, Rabu (23/3).

Dikatakannya, karena stok prangko yang diterbitkan sangat terbatas, Prangko yang dibuat di Kantor Pos Mataram ini mulai banyak diburu para kolektor prangko. Tidak hanya dari dalam negeri, tetapi juga dari luar negeri, sehingga prangko tersebut tak sembarang didapatkan. Jadi bagi yang ingin memiliki prangko seri khusus MotoGP Mandalika, Lombok bisa datang langsung ke Kantor Pos Cabang Mataram.

Baca Juga :  Limit Transaksi QRIS Naik Menjadi Rp 5 Juta

“Saya sudah mendapat telepon kalau ada juga dari luar negeri yang pesan. Tapi karena ini terbatas jadi pesanan yang dari luar negeri bisa melalui kantor pusat di Jakarta,” terangnya.

Sebenarnya, lanjut Saiful, prangko seri khusus ini sengaja dibuat  oleh Kantor Pos untuk mempromosikan MotoGP Mandalika Lombok mendunia. Mengingat budaya mancanegara masih banyak memanfaatkan prangko dalam surat menyurat mereka untuk berkomunikasi. Untuk itu diharapkan kedepannya Mandalika akan semakin dikenal tidak hanya dalam negeri, namun hingga ke luar negeri dan menjadi catatan sejarah sebagai penyelenggara event akbar.

Adapun  jumlah prangko yang dicetak terbatas hanya 735 keping. Sementara jumlah prangko yang sudah terjual sekitar 450 keping. Penjualan prangko edisi khusus Sirkuit Mandlaika Lombok ini akan segera habis. Apalagi permintaan prangko seri khusus Mandalika ini juga cukup tinggi. Terlebih harga yang ditawarkan untuk satu keeping prangko terbilang murah, yakni Rp 3 ribu per keping.

Baca Juga :  Program Pengungkapan Sukarela (PPS), Pilihan Tepat, Banyak Manfaat, Jangan Terlambat

“Bahkan ada kolektor itu yang memesan via telepon. Kalau dihitung ongkos kirimnya lebih mahal dari harga prangkonya. Kalau pembelian bisa dilakukan di Kantor Pos Mataram pada jam kerja dan secara online,” katanya.

Tidak hanya menerbitkan prangko khusus seri Mandalika, Kantor  Pos Mataram juga memproduksi souvenir seat dan amplop bertema Sirkuit Mandalika Lombok. Bahkan upaya ini juga sudah dilakukan ketika penyelenggaraan World Superbike (WSBK) pada November 2021 lalu.

“Sebelumnya juga sama pak Gubernur NTB sudah kita buatkan amplop dan prangko undangan ke seluruh gubernur di Indonesia. Amplop itu berisi surat yang mengajak para gubernur lain untuk datang dan menonton WSBK,” katanya. (cr-rat)

Komentar Anda