PPP Gelar Pelatihan Kader Kepemimpinan

MATARAM—Kaderisasi hal mutlak dalam sebuah partai politik. Kelanjutan parpol sangat ditentukan dari proses kaderisasi tersebut.

Langkah itulah yang dilakukan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) NTB dengan menggelar pelatihan kaderisasi tingkat madya. Pelatihan dilangsungkan dari tanggal 17-18 dan diikuti sebanyak 60 kader dari tingkat DPC kabupaten kota se-NTB.

"Pelatihan kaderisasi tingkat madya ini sesuai dengan arahan dan instruksi dari DPP," kata Ketua PPP NTB, Hj Wartiah, kemarin (Senin (19/9).

Dalam pelatihan kaderisasi tingkat madya itu, kader PPP dari kabupaten kota diperkuat ideologi dan garis perjuangan partai. Kader-kader ini dilatih dan ditingkatkan kemampuan serta skill berkomunikasi. Di lain sisi, mereka juga ditanamkan kesadaran keberpihakan kepada rakyat kecil dan sebagainya.

Menurutnya, sangat penting kader PPP diperkuat dengan ideologi dan garis perjuangan partai. Dengan begitu, mereka bisa berbuat dan berpihak kepada kepentingan masyarakat lebih luas.

Bagaimanapun, kata Wartiah, mereka adalah pelanjut estafet kepemimpinan PPP kedepan. Terlebih, di tengah kian ketat dan kerasnya persaingan politik di antara parpol dalam menyongsong pemilu legislatif 2019 mendatang.

"Kader inilah menjadi ujung tombak PPP dalam meraih kemenangan di pemilu legislatif 2019," kata perempuan yang juga ketua komisi V DPRD NTB itu.

Pengurus induk PPP pun, ungkapnya, mensyaratkan kader bisa masuk dalam jajaran kepengurusan kabupaten kota harus sudah mengikuti pelatihan kaderisasi tingkat madya. Karena itu, sebelum dilangsungkan Musyarawah Cabang (Muscab) kabupaten kota se-NTB, kader-kader ini bakal masuk dalam jajaran kepengurusan.

Hadir dalam pelatihan kaderisasi tingkat madya tersebut adalah anggota DPR RI dapil NTB, juga unsur DPP, Hj Ermalena dan Korwil Nusa Tenggara Barat.

Wartiah mengatakan, dalam pemilu legislatif 2019, PPP NTB menargetkan meraih tiga besar raihan suara di NTB. Karena itu, sejak awal pihaknya harus sudah memberikan keterampilan dan membekali kader PPP, dengan kemampuan atau skill komunikasi politik.

Diharapkan, dengan skill komunikasi politik dimiliki para kader bisa menyampaikan dan mensosialisasikan berbagai program kerja dan karya nyata sudah dilakukan PPP. Selain itu, pihaknya pun bakal terus menata dan memperkuat struktur organisasi secara kelembagaan dari tingkat DPW hingga tingkat terendah ada di PAC.

Sementara itu, Wakil Ketua Umum DPP PPP, Ermalena, mengungkapkan, ada tiga tahapan kaderisasi di PPP. Yakni, pelatihan kaderisasi kepemimpinan tingkat pratama, tingkat madya dan tingkat nasional. Nantinya, kader yang mengikuti pelatihan di tingkat madya bisa direkomendasikan dan diusulkan mengikuti pelatihan kaderisasi tingkat nasional.

Selanjutnya nanti, pengurus DPC kabupaten kota terbentuk dari hasil Muscab harus pula menggelar pelatihan kaderisasi tingkat pratama. Pelatihan kaderisasi tingkat pratama tersebut diperuntukkan bagi pengurus di PAC. Sehingga ada keberlanjutan pelatihan kaderisasi dari tingkat terendah hingga tertinggi. (yan)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Suka
  • Terhibur
  • Sedih
  • Marah
  • Bosan
  • Takut