PPDB Hari Pertama Masih Sepi Pendaftar

PANITIA : Salah satu sekolah di jantung Kota Mataram, yakni SMPN 15 Mataram yang sudah siap menyediakan tempat penerimaan siswa baru. (SUDIR/RADAR LOMBOK)

MATARAM – Pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) jenjang SD dan SMP tahun ajaran 2022/2023 di Kota Mataram yang menggunakan sistem online pada hari pertama, Senin (20/6) masih sepi pendaftar. Sejumlah sekolah di Kota Mataram nampak masih sepi dari para calon pendaftar yang mendaftar melalui sistem online.

Untuk hari pertama jalur yang dibuka untuk PPDB di Kota Mataram adalah Afirmasi dan perpindahan tugas orang tua. Wakil Ketua Komisi IV DPRD Kota Mataram H Muhtar mengatakan, selama ini untuk PPDB di Kota Mataram harus tetap dilakukan persiapan yang matang, karena ini, sudah masuk dalam pendaftaran awal. Karena ini, sudah masuk dalam tahapan bisa dilakukan persiapan yang matang untuk pertama, yakni koneksi internet yang harus tetap disediakan.

“Kita harus siap koneksi internet. Karena biasanya sistem zonasi yang padat pendaftaran,” kata Muhtar kepada radar Lombok, Senin (20/6).

BACA JUGA :  Inilah Jurusan Sepi Peminat dan Banyak Diincar di Unram

Saat ini, calon peserta didik melakukan pendaftaran, proses seleksi hingga pengumuman hasil melalui sistem online yang dapat diakses setiap waktu melalui internet. Calon peserta didik melakukan pendaftaran, proses seleksi hingga pengumuman hasil melalui sistem online yang dapat diakses setiap waktu melalui internet.

Saat ini, masih tetap berlaku sesuai dengan SE Dinas Pendidikan Kota Mataram, untuk jalur PPDB SMP Kota Mataram 2022 dilaksanakan melalui 4 jalur, yakni jalur zonasi, afirmasi, perpindahan tugas orang tua wali dan jalur prestasi. Kuota jalur zonasi, yakni 50 persen dari daya tampung sekolah. Untuk kuota jalur prestasi 30 persen dari daya tampung sekolah. Kemudian jalur afirmasi 15 persen dari daya tampung sekolah, termasuk kuota bagi calon peserta didik penyandang disabilitas pada sekolah yang menyelenggarakan layanan inklusif dan kuota 5 persen dalam jalur perpindahan tugas orang tua atau wali dapat digunakan untuk anak guru pada sekolah tempat orang atau wali mengajar.

BACA JUGA :  Siswa MAN IC Lotim Raih medali Perunggu di KOSSMI Nasional

Sementara itu, salah satu Kepala SDN  41 Mataram Mar’aeni mengatakan untuk jalur pertama sudah mulai dibuka. Kalangan orang tua sudah mendaftarkan anaknya. Untuk kuota murid baru yang diterima sesuai dengan juknis ditetapkan 3 ruang kelas dengan kapasitas 28 murid per kelas. Sehingga total yang diterima  84 murid baru.

“Kita juga sudah melakukan koordinasi, kalau sampai penuh bisa memilih sekolah tetangga, yakni SDN 12 Mataram dan SDB 35 Mataram,” katanya.

Untuk jalur zonasi sekolah mendapatkan empat lingkungan, yakni Lingkungan Taman Indah, Taman, Taman Baru dan Tanah Haji.

“Kita sesuaikan dengan juknis yang ada. Kita terima sampai hari Jumat mendatang, sesuai dengan aturan,” tutupnya. (dir)