PORBIN Diresmikan untuk Pengembangan Atlet Berprestasi

PORBIN: Upaya pembinaan atlet berprestasi di lingkungan STIN, Kepala BIN, Jenderal Pol (Purn) Budi Gunawan, meresmikan PORBIN.

BOGOR–Badan Intelijen Negara meresmikan berdirinya Persatuan Olahraga Badan Intelijen Negara atau PORBIN di Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN) pada Kamis, 27 Oktober 2022.

Peluncuran PORBIN ini bersamaan dengan acara Wisuda Angkatan XV, Pasca Sarjana MKI Angkatan VII, MTIM Angkatan 1, dan Dies Natalies XIX STIN. PORBIN yang merupakan gagasan Kepala BIN, Jenderal Pol (Purn) Budi Gunawan, memiliki banyak prestasi yang ditorehkan oleh atlet-atletnya.

Turut hadir dalam acara ini Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Abdullah Azhar Anas, Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Letjen (Purn) Marciano Norman, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Menteri ATR/BPN Mareskal TNI (Purn) Hadi Tjahjanto, dan Ketua KPK FIirli Bahuri, serta beberapa tamu undangan lainnya.

Kepala BIN, Jenderal Pol (Purn) Budi Gunawan, mengatakan pada tahun ini BIN mulai memberikan perhatian khusus kepada personil, taruna-taruni BIN yang memilik talenta-talenta di bidang olahraga.

Untuk dapat terus meningkatkan prestasinya di tingkat nasional, sebagai salah satu bentuk kontribusi atlet, kami membentuk persatuan olahraga BIN, yang terdiri dari 8 cabang olahraga diantaranya BIN Running Club, BIN Volleyball Club, BIN Weightlifting Club, Waskita Swimming Club, BIN Tennis Club, Velox et Exactus Shooting Club, dan Satlasus Tarung Derajat STIN, dan Esport.

“Seluruh cabang olahraga di PORBIN dikembangkan dengan profesional dan diisi pelatih yang punya kapasitas mumpuni. Sehingga, talenta terbaik di BIN dapat berkembang dan membawa nama harum bangsa Indonesia terutama taruna-taruni STIN,” ucap Kepala BIN, Jenderal Pol (Purn) Budi Gunawan.

Pada acara tersebut, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno menyampaikan apresiasinya terhadap peluncuran PORBIN dimana ada beberapa cabang olahraga unggulan yang menarik.

“PORBIN menjadi center of excellence untuk prestasi di kekhususan beberapa cabang olahraga seperti E Sport, atletik, renang, dan voli yang nantinya akan kami kerjasamakan dalam pariwisata berbasis olahraga,” ungkap Sandiaga.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) juga menyampaikan apresiasi terhadap peluncuran PORBIN. Menurutnya, hal itu sangat baik karena selain memberikan pengetahuan dan wawasan intelejensinya, STIN juga mengakomodir taruna dan mahasiswanya untuk berprestasi di jalur olahraga.

“Saya sebagai Menpora RI sekali lagi berterima kasih dan mengapresiasi upaya yang luar biasa dari Kepala BIN, Jendral Polisi (Purn) Budi Gunawan, yang membuat BIN semakin berkembang dan mempunyai pandangan kedepan,” kata Menpora Amali.

Sementara, Ketua Umum KONI Letjen TNI (Purn) Marciano Norman menambahkan bahwa PORBIN merupakan kontribusi nyata dari BIN terhadap perkembangan olahraga prestasi.

“Kedepan prestasi atlet Indonesia dengan dukungan BIN, disamping prestasi olahraga, masa depan mereka setelah tidak menjadi atlet juga bagus,” kata Letjen TNI (Purn) Marciano Norman. (*/gt)

Komentar Anda