Populerkan Lagu Daerah

Winda Mandalika Putri
Winda Mandalika Putri (Sudir/Radar Lombok)

Seiring dengan perkembangan zaman, seni dan kebudayaan daerah perlahan-lahan tergerus. Salah satunya adalah lagu-lagu daerah. Nah, ada banyak yang memilih menjadi orang yang terus mempopulerkan lagu daerah, salah satunya adalah Winda Mandalika Putri.

Perempuan ini punya bakat dan jiwa seni sejak kecil.  “ Melalui lagu kami ingin menyentuh kembali kesadaran masyarakat bahwa daerah punya karya-karya musik dan musisi-musisi dengan kualitas yang hebat dan membanggakan,” ungkapnya kepada Radar Lombok kemarin.

Ia sendiri mulai berkarir di dunia seni sejak tahun 2015. Meski hanya jadi model dalam video klip lagu Sasak, ia tetap bersemangat menggaungkan lagu daerah. Kesadaran ini dibangkitkan dan ditumbuhkan untuk musisi-musisi muda. Disamping tujuannya untuk memperkenalkan dan memasyarakatkan kembali lagu-lagu daerah. Bagaimanapun juga lagu-lagu daerah nusantara ini adalah kekayaan, warisan dan harta karun yang sangat bernilai dan harus mendapat tempat. “ Sangat disayangkan kalau sampai hilang ditelan zaman. Apalagi lagu Sasak banyak punya pesan-pesan kebaikan,’’ ungkapnya.

Winda menambahkan, lagu-lagu daerah memang perlu diperkenalkan lagi terutama untuk anak-anak agar mereka bisa lebih banyak mengenal lagi dan menyanyikannya di saat minimnya rekaman lagu anak-anak. Langkah ini dianggap sebagai salah satu alternatif memperkenalkan kembali lagu-lagu daerah nusantara, ketimbang mereka harus mendengarkan lagu orang dewasa yang syairnya sebenarnya tidak cocok untuk usia mereka.(dir)