Polres Sumbawa Terjunkan 200 Anggota untuk Amankan Debat Pilkada

PAM PILKADA: Debat terbuka Pilkada Sumbawa, Polres Sumbawa terjunkan ratusan personil untuk pengamanan. (ist for radarlombok.co.id)

SUMBAWA BESAR-Ratusan personel gabungan yang terdiri dari Kepolisian resort sumbawa, Kodim 1607/Sumbawa dan Kompi 1 Batalion B Pelopor NTB mengamankan penyelenggaraan debat terbuka pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Sumbawa dalam Pilkada tahun 2020 di Ballroom Hotel Sernu, Rabu (28/10/2020) pagi tadi.

Kapolres Sumbawa AKBP Widy Saputra S.IK, yang ikut terjun langsung mengamankan acara tersebut, mengatakan sedikitnya 200 personel yang diturunkan untuk mengamankan acara yang diselenggarakan oleh KPU Kabupaten Sumbawa itu.

Ia menjelaskan ratusan personel tersebut di tempatkan mulai dari melakukan pengaturan arus lalu lintas di jalan hingga melakukan pengamanan di lokasi debat.

“Kami menerjunkan 200 personel untuk melakukan pengamanan debat terbuka ini, tidak hanya terkait keamanan saja namun yang terpenting bagaimana penerapan protokol kesehatan juga diutamakan,” jelasnya.

Pada saat pelaksanaan pengamanan tidak hanya tamu undangan, Pasangan calon Bupati dan wakil bupati juga tidak luput dari pemeriksaan pihak kepolisian saat akan memasuki lokasi debat.

“Pemeriksaan dilakukan pada setiap orang yang datang, tanpa terkecuali. Disamping memeriksa barang bawaan , pemeriksaan sesuai protokol kesehatan juga dilakukan pihak panitia penyelenggara seperti memastikan penggunaan masker dan handsanitizer serta pengecekan suhu tubuh,” tambah Kapolres.

Kapolres mengharapkan seluruh rangkaian acara dalam rangka Pilkada tidak menjadi klaster baru penyebaran virus covid-19. “Semoga dengan usaha yang kita semua lakukan, tidak ada klaster baru penyebaran covid-19 yang berasal dari tahapan pilkada ini,” tuturnya. (gt)