Polres Memulai Giat Patroli Ramadan

SUMBANGAN : Kapolres Lombok Utara AKBP Rifai didampingi jajarannya menyerahkan bantuan kepada kepada pengurus masjid Nurul Yaqin.

TANJUNG – Selama pelaksanaan bulan suci Ramadan, jajaran Polres Lombok Utara telah memulai giat Patroli Ramadan turun langsung menjumpai masyarakat muslim yang melaksanakan ibadah puasa.

Kegiatan ini salah bentuk kegiatan pendekatan institusi kepolisian dalam rangka menyampaikan imbaun keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas). “Kami Polres Lombok Utara telah memulai Patroli Ramadan pertama ke Masjid Nurul Yaqin di Dusun Serungga Desa Bentek Kecamatan Gangga sekitar pukul 12.30 Wita, Rabu (31/5). Kami langsung melaksanakan ibadah salat Duhur berjamaah di lokasi yang telah kita tentukan,” terang Kapolres Lombok Utara AKBP Rifai kepada Radar Lombok, Kamis (1/6).

Ia menjelaskan, kegiatan ini untuk mendekatkan institusi Polri kepada masyarakat sekaligus memberikan imbauan dalam menjaga kamtibmas. Hal ini dilakukan sebagai salah satu upaya antisipasi kejahatan dan kriminilitas selama pelaksanaan bulan suci Ramadan 1438 Hijriah.

BACA JUGA :  Rekomendasi KSN Belum Diterima

Selain itu, pihaknya juga menyampaikan seputar radikalisme, intoleransi, bahaya narkoba, miras, dan maraknya pencurian ternak. Termasuk juga pemahaman dalam berlalu lintas, terutama menghindari maraknya balapan liar di wilayah Lombok Utara. “Kegiatan ini tidak hanya pada waktu salat Duhur saja, kami juga turun kepada masyarakat pada waktu salat Subuh, tarawih keliling, berbuka bersama, dan salat Jumat di masjid-masjid di Lombok Utara,” katanya.

Ia mengungkapkan, giat Patroli Ramadan ini juga memberikan bantuan sosial berupa pemberian sumbangan mushaf Alquran, buku Iqra’ dan sajadah masing-masing 20 buah kepada pengurus masjid. “Ini akan berlangsung selama bulan puasa,” pungkasnya. (flo)