Polres Lotim Lacak Pencatut Nama Kapolres

AKBP Wingky Adhityo Kusumo (ALI MA’SHUM/RADAR LOMBOK)

MATARAM—Polres Lombok Timur (Lotim) memastikan akan mengusut kasus penipuan dengan modus mencatut nama Kapolres Lotim, untuk meminta sejumlah uang kepada Ketua DPD Partai Nasdem Lotim, Syamsul Rizal.

Upaya yang dilakukan kepolisian adalah dengan melacak nomor pengirim SMS kepada Syamsul Rizal yang juga anggota Dewan Lotim tersebut. “Kita akan usut dengan melacak nomornya terlebih dahulu,’’ ujar Kapolres Lotim, AKBP Wingky Adhityo Kusumo saat dikonfirmasi di Mapolda NTB, kemarin (25/10).

Sebelumnya diberitakan, oknum tersebut mengaku sebagai Kapolres Lotim, AKBP Wingky Adhityo Kusomo, dan mengirimkan SMS kepada Rizal, meminta sejumlah uang tunai untuk membayar tiket empat anggotanya yang akan terbang dari Jakarta ke Lombok.

Winky juga mengaku tindakan tersebut baru sebatas percobaan penipuan. Namun belum sempat menelan kerugian dan korban. “Ini karena calon korbannya itu langsung mengkroscek ke polisi. Makanya bisa dikatakan masih percobaan upaya penipuan,’’ katanya.

Kedepan, pihaknya akan mengundang calon korban dalam hal ini adalah Syamsul Rizal untuk didengar keterangannya oleh kepolisian. Tindakan tersebut dilakukan untuk mengkroscek mengenai berapa kali SMS itu dikirim. Juga untuk mengetahui waktu SMS itu dikirim. “Nanti akan kita undang ke Polres untuk didengar keterangannya,’’ ungkapnya.

Mantan Kapolres Lombok Barat ini juga memastikan SMS tersebut bukan dikirim oleh anggota kepolisian. “Bukan, tidak ada anggota kepolisian yang mengirim SMS itu,’’ terangnya.

Kasus tersebut juga menurutnya bisa dijerat dan mememenuhi melanggar pasal tentang penipuan. Selain itu juga bisa dijerat dengan pasal Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE). (gal)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid