Polres Lombok Utara Bakal Patroli Jaga Rumah Kosong

Polres Bakal Patroli Jaga Rumah Kosong
POSKO : Pokso yang ada di depan bangsal akan tetap memantau rumah-rumah yang kosong. (HERY MAHARDIKA/RADAR LOMBOK)

TANJUNG – Tindak pidana kejahatan pencurian rumah kosong marak terjadi saat musim mudik lebaran.

Guna mengantisipasi hal tersebut, pihak Polres Lombok Utara akan meningkatkan patroli baik tingkat Polsek maupun Bhabinkantibmas. “Yang jelas patroli akan kita tingkatkan,” ujar Wakapolres Lombok Utara Kompol Teuku Ardiansyah.

Teuku menambahkan untuk mengefektifkan patroli yang akan dilakukan, jajaran Bhabinkamtibmas yang ada di desa-desa sudah diinstruksikan untuk mendata warga yang akan melakukan mudik ke luar daerah.

Untuk mengamankan rumah warga yang ditinggal mudik ini, Polres Lombok Utara akan menurunkan satu regu patroli yang mobile setiap harinya. Selain itu, satu regu dari masing-masing polsek juga akan patroli setiap hari.

Selain mengintensifkan patroli, Polres Lombok Utara juga telah mendirikan tiga posko untuk menjaga keamanan dan kenyamanan masyarakat selama lebaran. Ketiga posko tersebut terdiri dari posko pengamanan di depan pasar UMKM Tanjung, posko pengamanan perempatan Bangsal, dan posko pelayanan Terminal Teluk Nara.

Ketiga posko ini akan dijaga puluhan personel gabungan dari kepolisian, Dishub, Dinas Kesehatan, Basarnas, Satpol PP, dan lainnya. Rencananya ketiga posko ini akan siaga selama 16 hari khususnya dalam operasi Ramadniya 2017 ini.

Posko ini ditempatkan di titik-titik yang dianggap rawan. Selain untuk memantau dan menjaga kondusivitas selama lebaran, posko ini juga untuk memantau masyarakat yang diprediksi akan liburan di sejumlah daerah di Lombok Utara usai lebaran.

Beberapa kerawanan yang diantisipasi antara lain kemacetan lalu lintas, premanisme, copet, begal dan sebagainya. Dari pemetaan yang dilakukan kepolisian, selain arus mudik, di Lombok Utara ini juga jadi tujuan wisata yang banyak didatangi masyarakat.

Terpisah, Kades Tanjung Budiawan mengungkapkan di beberapa perumahan yang ada di daerahnya diakui banyak masyarakat yang mudik. Untuk itu pihaknya juga akan berkoordinasi dengan Bhabinkamtibmas untuk mendata rumah-rumah warga yang akan ditinggal mudik. “Kebetulan disini ada banyak yang mudik ke Jawa, nanti kita akan koordinasi dengan polsek dan polres,”pungkasnya. (flo)

BACA JUGA :  Belasan Rumah Disapu Puting Beliung