Polres Lombok Barat Mulai Gelar Operasi Keselamatan Gatarin 2018

Satlantas Porles Lobar
Anggota Satlantas Porles Lobar mendorong truk dum yang ditilang. Truk dum ini akinya mati sehingga terpaksa didorong agar hidup. (KASATLANTAS FOR RADAR LOMBOK)

GIRI MENANG-Satlantas Polres Lombok Barat (Lobar) mulai melaksanakan Operasi Keselamatan Gatarin 2018. Operasi ini digelar mulai 5-26 Maret 2018.

Dalam operasi yang digelar khususnya di Jalan Bypass BIL II Selasa (6/3) kemarin, tercatat ada 70 lembar blangko teguran. Kasatlantas Polres Lobar, IPTU Lalu Panca Warsa menerangkan, dalam operasi ini dikedepankan simpatik, memberikan teguran dan sosialisasi agar pelanggar tidak mengulangi perbuatannya. Bagi pelanggar diberikan blangko teguran. “Harapan kita dengan teguran ini bisa lebih menyentuh pengguna jalan atau pengemudi untuk tertib dan disiplin berlalu lintas demi terciptanya kamseltibcarlantas sehingga fatalitas laka dapat kita minimalisir bersama,” terangnya kemarin.

Selain memberikan blangko teguran, utamanya pada pengendara roda dua yang tetap saja nekat melewati lajur cepat, tindakan tilang juga diberikan khususnya kepada masyarakat yang melanggar lalu lintas berpotensi menyebabkan terjadinya fatalitas kecelakaan lalu lintas. Tercatat kemarin ada satu yang diberikan tilang. “Yang kita tilang satu truk dam yang muat bata karena ada buruhnya di atas kap truk dan bannya sudah tidak bisa menjamin keselamatan,” tandasnya.

Dalam apel gelar pasukan Operasi Keselamatan Gatarin 2018 di Mapolres Lobar, Senin (5/3) dengan dipimpin langsung Kapolres Lobar, AKBP Heri Wahyudi disampaikan agar pelaksanaan operasi keselamatan ini diharapkan akan dapat mendorong tercapainya tujuan operasi, yaitu meningkatnya disiplin masyarakat dalam berlalu lintas di jalan raya; Meminimalisir pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas; Menurunnya tingkat fatalitas korban kecelakaan lalu lintas; Meningkatnya kepercayaan masyarakat terhadap polri dengan terbentuknya opini positif dan citra tertib dalam berlalu lintas; Terwujudnya situasi kamseltibcarlantas menjelang hari bhayangkara ke-71 tahun 2018. (zul)