Politisi Muda Target Tambahan Kursi di DPRD

Shinta Primasari - Ahmad Azhari Gufron - Mita Dian Listiawati

MATARAM – Hingar bingar jelang pemilihan umum (pemilu) 2024 mulai nyaring terdengar memasuki tahun 2023 ini. Sejumlah partai politik mulai menghidupkan mesin politik untuk menggerakkan partainya menuju rebutan simpatisan dalam pesta demokrasi lima tahunan ini.

Yang tak kalah menariknya, para pimpinan partai dari kalangan muda mulai membakar semangat kadernya untuk menambah jumlah kursi di DPRD. Mereka mulai mengatur startegi agar partai mereka tetap eksis berdadu dengan partai peserta pemilu.

Ketua DPC Demokrat Kota Mataram, Shinta Primasari mengatakan, proses dari bakal calon legislatif (bacaleg) sudah mulai berjalan. Enam daerah pemilihan (dapil) yang ada di Kota Mataram sudah mulai terisi semuanya. Tahapan pemilu tahun 2023 terus dimatangkan dengan mengatur berbagai persiapan. ‘’Kami bahkan kebanyakan peminat. Kita sudah komitmen bersama untuk membesarkan partai dan bisa nambah kursi lagi tahun 2024 dengan target semua dapil terisi,’’ katanya kepada Radar Lombok, Selasa (3/1).

Partai Demokrat ingin mengembalikan kejayaan kembali dengan berkaca pada pemilu 2009 lalu. Dimana Partai Demokrat menjadi pimpinan di DPRD Kota Mataram dengan perolehan delapan kursi. Untuk mengembalikan masa kejayaan itu,  beberapa terobosan sudah dilakukan, salah satunya dengan menggerakkan kader muda partai di tingkat bawah. Meski pileg 2019 lalu, hanya mendapatkan empat kursi di pileg 2024 dipastikan bisa bertambah.

Baca Juga :  Mataram Siap Andalkan Kepsek Muda

                Di usia yang masih muda, Shinta optimis bisa merangkul semua kalangan dan bisa memenangkan Demokrat di Kota Mataram pada pileg 2024 mendatang. Dengan beberapa pemetaan dan pemasangan caleg di enam dapil, semakin membuatnya optimis bisa terisi semua. ‘’Kita yakin bisa terisi semua, kalangan muda maupun tokoh senior bergabung di Demokrat di Kota Mataram,’’ singkatnya.

Ketua DPC PKB Kota Mataram, Mita Dian Listiawati mengatakan, untuk target pileg 2024 mendatang bisa mencapai satu fraksi. Saat ini, proses sedang berjalan.  ‘’Kalau target saya selalu optimis, PKB dari dulu Kota Mataram ini memang selalu satu kursi. Harapan saya bisa tujuh atau paling tidak satu fraksi utuh,” katanya.

Hal itu diyakini anggota DPRD Kota Mataram itu karena pihaknya sudah menyiapkan figur-figur bacaleg yang kuat untuk mendulang suara sehingga bisa mengamankan kursi. “Tapi belum bisa kita sebutkan dulu untuk nama-nama caleg, kita kunci dulu. Intinya sudah ada nama-nama yang potensial yang akan mendongkrak suara PKB,” katanya.

Ditekankan Mita, bahwa pada pemilu 2024 ini pihak belajar banyak dari pemilu 2019 lalu di mana suara PKB banyak yang hilang lantaran longgarnya pengawalan oleh saksi. Untuk 2024 ini PKB Mataram akan lebih memperketat pengawalan suara. “Kalau dilihat pengalaman sebelumnya memang PKB terkendala pengawalan suara, di saksi. Sekarang kami sudah ada bina saksi, tidak ada (TPS) yang kosong dari saksi, dan semua berlapis,” pungkasnya.

Baca Juga :  Mantan Sekda Kota Mataram Terkesan Dengan Khutbah Jum'at Sukiman Azmy

Sementara itu, pimpinan di DPC PAN Kota Mataram juga tidak mau kalah ketinggalan. Beberapa target sudah dipasang sesuai hasil kesepakatan bersama dengan pimpinan. Bendahara DPC PAN Kota Mataram Ahmad Azhari Gufron mengatakan, untuk pileg 2024 sudah dimatangkan persiapan sejak awal. Dari penjaringan caleg, sampai dengan pemetaan suara saat ini. Dari enam dapil, beberapa basis massa PAN terus bergerak bersama kader partai. ‘’Kita taget menang, bisa sampai kursi pimpinan.  Dan bisa  lebih dari sekarang. Kita hanya tiga kursi saat ini, pileg 2024 bisa nambah di semua dapil,’’ katanya.

Kalangan muda PAN Kota Mataram, dan kader terus bergerak di tingkat bawah. Untuk membangun komunikasi politik saat ini, beberapa kecamatan yang masih kosong seperti Selaparang, Cakranegara, Sandubaya masih dipetakan. Berkaca dari pileg 2019 lalu, suara partai sangat besar di tiga kecamatan. (dir)

Komentar Anda