Polisi Tilang 13.387 Pengendara Selama Operasi Zebra Gatarin 2017

Operasi Zebra Gatarin 2017
OPERASI ZEBRA : Selama pelaksanaan operasi Zebra Gatarin 2017, ada ribuan pelanggaran oleh pengendara kendaraan. (Ali Ma’shum/Radar Lombok)

MATARAM — Sebanyak 13.387 surat tilang dikeluarkan Polda NTB dan Polres jajaran dalam pelaksanaan operasi Zebra Gatarin 2017 yang digelar dari tanggal 1 sampai 14 November 2017.

Sedangkan jumlah blangko teguran yang dikeluarkan  sebanyak 2.638 teguran. Jumlah surat tilang yang dikeluarkan ini meningkat dari tahun sebelumnya sebanyak 12.029. ‘’ Jumlah tilang selama pelaksanaan operasi Zebra tahun ini meningkat dari tahun sebelumnya.  Peningkatannya itu sebanyak 11 persen,’’ ujar Direktur Direktorat Lalu Lintas (Dirlantas) Polda NTB Kombes Pol Arman Achdiat saat dikonfirmasi di Mapolda NTB, Rabu kemarin (15/11).

BACA JUGA :  Mancing di Areguling, Pria Asal Lombok Tengah Tewas Terseret Ombak

Peningkatan jumlah surat tilang yang dikeluarkan ini katanya, karena kepolisian lebih aktif melakukan penindakan terhadap pelanggar.

Pelanggaran masih didominasi tidak lengkapnya surat kendaraan yaitu sebanyak 5.421 pelanggar. Sedangkan tidak memakai helm sebanyak 3.468 pelanggar. Sementara yang berboncengan dengan lebih satu orang sebanyak 48 orang. Pelanggaran arus sebanyak 44 orang. ‘’ Ada juga pengendara yang menggunakan handphone saaat berkendara. Ini sebanyak 109 orang. Memang yang terbanyak itu tidak dilengkapi surat dan tidak memakai helm,’’ katanya.

Selanjutnya, jumlah kecelakaan pada operasi Zebra tahun ini sebanyak 18 orang. Jumlah ini menurun dari tahun sebelumnya sebanyak 24 orang. Korban meninggal dunia tahun ini sebanyak 4 orang, menurun dari tahun sebelumnya yang berjumlah 10 orang. ‘’ Tingkat fatalitas kecelakaan memang menurun. Artinya memang ada kesadaran masyarakat tentang berlalu lintas,’’ ungkapnya. 

Kemudian untuk ranking surat tilang terbanyak dikeluarkan oleh Polres Mataram sebanyak 2.454 surat tilang. Posisi kedua dikeluarkan oleh Polres Lombok Barat (Lobar) sebanyak 2009 surat tilang. ‘’ Polres Lotim yang biasanya tinggi tahun ini menurun. Karena hanya mengeluarkan 857 surat tilang. Itu penyebabnya ada dua, mungkin kesadaran masyarakatnya yang sudah tinggi atau karena polisinya yang malas melakukan penindakan,’’ bebernya.

BACA JUGA :  Bau Nyale, Pria Ini Tewas Dibantai

Operasi ini tidak hanya menilang masyarakat  melainkan juga menindak Warga Negara Asing (WNA) yang melanggar. Dalam operasi Zebra Gatarin tahun ini sebanyak 19 SIM internasional yang ditilang. Sedangkan tahun sebelumnya tidak ada WNA yang ditilang. ‘’ Memang ada yang ditilang karena ditemukan melanggar. Seperti tidak memakai helm dan tidak membawa kelengkapan surat kendaraan,’’ tandasnya.(gal)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Suka
  • Terhibur
  • Sedih
  • Marah
  • Bosan
  • Takut