Polisi Tangkap Pelaku Pembuangan Bayi

SELONG—Kasus pembuangan bayi di Loang Sawak, Suryawangi, Labuan Haji beberapa waktu lalu akhirnya terungkap. Setelah  melakukan penyelidikan, polisi pun berhasil menangkap ibu yang membuang bayi tersebut. Pelaku  diketahui bernama Pajriah (24), yang juga warga setempat.

Bayi yang dibuang pelaku ini hasil d hubungan gelapnya dengan lelaki lain. Sementara suami sahnya saat ini berada di Malaysia sebagai Tenaga Kerja Indonesia (TKI). Pelaku pun langsung di bawa ke Polres Lotim untuk diproses lebih lanjut.

Kapolres Lotim melalui Kasubag Humas , AKP. Iptu Muh Efendi membenarkan penangkapan pelaku. Dari pengakuannya, membenarkan jika bayi yang dibuang itu hasil hubungan gelap dengan salah seorang lelaki  diketahui warga Ijobalit, Labuan Haji. “Bayi itu hasil hubungannya diluar nikah,” kata Efendi.

Pelaku ini sudah memiliki suami. Namun suaminya sedang merantau sebagai TKI.  Bayi itu lanjut Efendi, dilahirkan saat pelaku akan membuang air besar. Ketika itu dia mengalami sakit perut. Saat pelaku jongkok, bayi tersebut tiba-tiba keluar. Proses melahirkan bayi itu tanpa dibantu siapapun. “Pelaku pun langsung kebingungan melihat bayi itu keluar,” ujar Efendi.

Tak ingin perbuatan bejatnya itu diketahui, ia pun kemudian membungkus dan membuang bayinya itu. Bayi  malang itu dibuang di pinggir jalan tak jauh dari tempat tinggalnnya. “Bayi itu dibuang, dengan maksud agar ada orang menemukannya,” jelasnya.

Kasus ini sepenuhnya ditangani oleh unit PPA Satreskrim Polres Lotim. Selain mengamankan pelaku, petugas juga melakukan pemeriksaan saksi-saksi termasuk melakukan visum. “Kasus ini sudah dilimpahkan Polsek setempat ke PPA,” paparnya.

Diketahui, kasus ini terkuak berawal dari ditemukannya seorang bayi di pinggir jalan. Bayi itu pertama kali ditemukan oleh Kepala Dusun (Kadus) setempat bersama istrinya yang kebetulan akan berobat ke Puskesmas. Saatditemukan, bayi itu dibungkus kain, dengan ari-arinya masih utuh. Diperkirakan bayi dibuang tak lama setelah dilahirkan.

Selanjutnya bayi itu dibawa ke Polindes untuk mendapat perawatan. Kondisi bayi berjenis kelamin perempuan sehat, dengan berat kurang lebih 3 kilogram. Dan bayi  tersebut saat ini masih dirawat oleh salah seorang bidan. Saat itu juga, penemuan bayi itu langsung dilaporkan ke Polsek setempat. (lie)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid