Polisi Takedown Akun Penyebar Hoax Soal Corona

Kabid Humas Polda NTB Kombes Pol Artanto
Kabid Humas Polda NTB Kombes Pol Artanto.(Dery Harjan/Radar Lombok)

MATARAM-Maraknya berita hoax Virus Corona di Indonesia, membuat Kepolisian bergerak cepat. Karena itu, Polda NTB  melakukan Patroli Cyber untuk menangkal berita hoax Virus Corona yang dapat menambah keresahan di masyarakat.

Tak hanya melakukan take down, Polisi mengancam akan melakukan penegakan Hukum terhadap penyebar berita hoax Corona.

Kabid Humas Polda NTB Kombes Pol Artanto mengatakan bahwa pasca pasca diumumkannya dua warga Indonesia positif Virus Corona oleh Presiden Jokowi, marak terjadi berita hoax di masyarakat. Untuk itu, Polda NTB bergerak cepat dengan melakukan Patroli Ciber. Sejumlah petugas Ciber Patrol, tampak fokus mencari dan meneliti sejumlah akun medsos yang memberitakan berita hoax Virus Corona.

“Kali ini kita baru temukan ada  9 akun penyebar hoax soal corona. 6  di wilayah Lombok, dan 3 di wilayah Sumbawa. Untuk itu kita takedown sebelum beritanya  menyebar kemana-mana,” ungkap Artanto.

Artanto menegaskan bahwa Polisi tidak hanya melakukan take down, tetapi bisa juga akan melakukan penegakan Hukum terhadap siapapun yang telah menyebarkan berita hoax. “Untuk itu kepada pemilik akun akan kita panggil untuk mendalami apa motif atau tujuannya,”tegasnya.

Artanto menegaskan bahwa khusus di wilayah NTB sampai sejauh ini belum ada yang dinyatakan positif terinveksi virus corona.Untuk itu masyarakat diharapkan tetap tenang dan tidak panic terhadap virus corona.

Pemerintah kata Artanto telah mempersiapkan penanggulangan Virus Corona dengan baik dan memantau secara inten pasien yang terindikasi Virus Corona. Polda NTB  juga menyiapkan  Rumah Sakit Bhayangkara dan tenaga medis, bila nantinya dibutuhkan penanganan penyebaran Virus mematikan ini.

Selain itu upaya pencegahan juga terus dilakukan seperti dengan melakukan penyemprotan disinsfektan di beberaa fasilitas pelayanan umum, markas polisi, tempat ibadah, bandara, pelabuahan, sekolah, dan tempat-tempat lain. Selain itu juga telah disediakan handsanitizer.

Polisi mengajak semua pihak bekerjasama dalam hal penanggulangan virus corona. Hal mendasar yang bisa dilakukan  yaitu dengan menjaga lingkungan tetap bersih dan tidak melakukan kontak fisik langsung dengan orang lain.”Semoga saja kita semua terhindar dari virus tersebut,”tutupnya. (der)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid