Poliklinik Sore RSUD Kota Mataram Ramai Pengunjung

POLIKLINIK SORE: Layanan Poliklinik sore di RSUD Kota Mataram ramai dikunjungi warga masyarakat yang hendak mendapatkan pelayanan kesehatan. (ALI/RADAR LOMBOK)

MATARAM—Layanan Poliklinik sore di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Mataram mendapat respon positif dari masyarakat. Hal itu dibuktikan dengan ramainya pengunjung setelah poliklinik sore mulai dibuka.

RSUD pun bertekad untuk memberikan pelayanan yang lebih maksimal kepada warga masyarakat. “Poliklinik sore dimulai 2 Juni. Alhmadulillah sambutan masyarakat cukup baik. Sehari itu sampai 27 pasien yang kunjungan di poliklinik sore,” ujar Kepala Bidang (Kabid) Pelayanan Medik RSUD Kota Mataram, dr Tris Cahyoso di Mataram, kemarin.

Layanan sore dibuka dengan 12 poli. Seperti poli jantung, poli penyakit dalam, poli kandungan, poli kulit, poli THT, poli syaraf dan beberapa poli lainnya. Poliklinik sore dibuka mulai jam 2 siang sampai 8 malam. “Sekarang ada 12 layanan poli yang sudah kita buka,” katanya.

Kendati demikian, untuk jadwal layanan poliklinik sore. Disesuaikan dengan jadwal dokter yang bertugas. Karena ada dokter yang juga buka praktik sendiri. “Kita menyesuaikan jadwal dokternya. Misalnya poli jantung ada dokter yang minta dari jam 2 siang sampai 4 sore. Ada juga yang minta mulai jam 3. Jadi menyesuaikan, setiap hari sudah ada cuma waktunya saja yang disesuaikan,” ungkapnya.

Baca Juga :  Disdag Mataram Pastikan Tidak Ada Kelangkaan Minyak Goreng dan Gula

Lalu di pelayanan sore, RSUD menggunakan aplikasi pendaftaran online. Pasien diharapkan bisa mendaftar untuk mendapatkan jadwal dokter. “Jadi harus boking jadwal dulu. Misalnya yang Senin untuk jam 4 sore di aplikasi sudah muncul dokternya siapa saja. Pasien juga harus memastikan jamnya dan dokternya,” terangnya.

Layanan online kini dimatangkan di RSUD. Karena kedepannya, semua layanan akan menggunakan aplikasi online. “Ini untuk memudahkan pasien dan tidak menumpuk di ruang tunggu. Supaya teratur juga,” imbuh Tris.

Layanan sore juga memudahkan pasien dari luar Kota Mataram. Karena di pagi hari cukup kesulitan mendapatkan waktu. Sehingga bisa memilih layanan sore yang dibuka di RSUD Kota Mataram. “Iya bisa seperti itu. Ini kan untuk mengantisipasi pasien yang paginya bekerja atau di luar kota. Sehingga dia bisa datang sore hari,” jelasnya.

Baca Juga :  Sejumlah Aset Pemkot Mataram Diduga Diperjualbelikan

Untuk layanan sore, rumah sakit saat ini memprioritaskan pasien BPJS. “Ke depan kita evaluasi lagi. Kalau sudah bagus dan lancar kita buka untuk umumnya,” jelasnya.

Direktur RSUD Kota Mataram, dr Hj Eka Nurhayati, Sp.OG mengatakan, layanan poliklinik sore sudah dibuka di RSUD Kota Mataram. Tujuannya untuk menambah waktu pelayanan. “Kita mengakomodir dan menambah jam pelayanan. Terutama yang tidak bisa pagi hari. Sekarang bisa di sore hari. Poliklinik sore ini dibuka hari Senin sampai Sabtu,” kata Eka. (gal)