Polda Tabur Bunga di Pelabuhan Lembar

GIRI MENANG—Polda NTB menggelar upacara tabur bunga ke laut di Pelabuhan Lembar Lombok Barat.

Tabur bunga  ini merupakan rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-70 Bhayangkara 1 Juli 2016. Kapolda NTB Brigjen Pol Umar Septono mengatakan, tabur bunga tersebut juga disebutnya sebagai bentuk penghargaan kepada para pahlawan yang gugur dalam pertempuran. Kepolisian diharapkan melanjutkan nilai perjuangan para pahlawan seperti dedikasi, pengabdian tanpa pamrih dalam membela rakyat. " Inilah nilai-nilai yang harus kita warisi untuk generasi berikutnya termasuk saya," katanya Rabu kemarin (29/6). Hari Bhayangkara ini menjadi momentum bagi polisi untuk berbenah.  Kapolda mengatakan persepsi atau cara pandang kepolisian dalam melihat masyarakat dari kaca mata sang pencipta. Kemudian petugas kepolisian juga diminta untuk terus mendengar aspirasi dari masyarakat. " Sepanjang perintah yang sesuai dengan ketentuan bisa dilaksanakan,maka masyarakat akan bisa menerima kita (kepolisian, red). Contohnya kalau kita mneghormati masyarakat ditingkat bawah nanti oleh Tuhan akan diangkat derajatnya setinggi-tingginya," ujarnya.

Ia  meminta kepada jajarannya untuk mendekatkan diri dengan mendatangi masyarakat secara langsung sambil mendengar permasalahan apa saja yang belum tersentuh oleh kepolisian selama ini. " Walaupun itu kadang-kadang bukan tugas kepolisian seperti pemberian sembako, air bersih, kesehatan. Tapi justru itu yang ingin dan diharapkan oleh masyarakat,"tambahnya.

Diakui Umar, pandangan negatif terhadap kepolisian masih ada. Namun hal itu tetap akan dijadikan acuan dan refleksi perbaikan kedepannya. Namun, hal positif juga dirasakan tak kalah banyaknya. Sehingga hal tersebut bisa ditingkatkan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. " Terutama bagaimana untuk lebih fokus memberikan pelayanan kepada masyarakat bawah dan menengah yang selama ini haus dengan pelayanan," tandasnya.(gal)

BACA JUGA :  Asrena : Insyaallah Kapolda NTB Dijabat Bintang Dua