Polda NTB Siapkan Tenaga Vaksinator dan Tracer Covid-19

Apel persiapan tenaga vaksinator dan tracer covid-19 serentak di Lapangan Bhara Daksa Polda NTB, Kota Mataram, Kamis (11/2/2021). (IST FOR RADAR LOMBOK)

MATARAM–Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Barat (Polda NTB) apel persiapan tenaga vaksinator dan tracer covid-19 serentak di Lapangan Bhara Daksa Polda NTB, Kota Mataram, Kamis (11/2/2021)

Acara ini dihadiri oleh Kapolda NTB, Kepala Dikes NTB, Irwasda, Kabidkesrem 162/WB, seluruh Pejabat Utama (PJU) Polda NTB, tenaga kesehatan dari Dinas Kesehatan, Babin dan unsur polda lainnya. Acara diawali dengan pemeriksaan pasukan.

Di sela pemeriksaan pasukan Kapolda NTB Irjen Pol Mohammad Iqbal S.I.K MH didampingi Kepala Dikes NTB dr H Lalu Hamzi Fikri memberi arahan kepada anggota yang sedang mengikuti apel.

Dalam arahannya Kapolda NTB meminta mereka untuk mempersiapkan diri sebelum bertugas, selain itu dia mengecek anggota yang sudah dan belum divaksin.

Selanjutnya penyematan perwakilan vaksinator oleh Kapolda NTB kepada dua orang perwakilan yang ditunjuk panitia apel.

Kapolda menyampaikan bahwa hukum tertinggi di negara ini adalah keselamatan rakyat. Untuk itu tenaga kesehatan, Bhabinkamtibmas dan Babinsa di harapkan bekerja maksimal menyukseskan proses vaksinasi yang akan dilakukan di NTB

“Tidak cukup dengan bekerja serius namun juga harus disertai dengan kerja keras,” jelas Iqbal saat memberi sambutan.

Kepala Dikes NTB dr H Lalu Hamzi Fikri terkesan dengan persiapan yang dilakukan pihak kepolisian. Langkah Polda NTB menyukseskan vaksinasi dan rencana kampung sehat kedua membutnya tersenyum bangga.

Program ini dinilainya sudah bersinergi dengan progam Kementerian Kesehatan, yakni mempercepat penurunan angka kasus covid-19. Tentunya dengan melakukan tracing secara masif, tes secara masif, dan juga diiringi dengan treatment dan vaksinasi.

Untuk mewujudkan hal itu Dikes NTB akan berusaha maksimal, mempercepat penyelesaian vaksinasi tahap satu untuk tenaga kesehatan yang ada di Provinsi NTB.

“Proses vaksinasi tahap satu on proses, saat ini sudah berjalan 60 persen, mudah mudahan akhir bulan Februari ini selesai,” jelasnya.

Kemudian vaksinasi tahap kedua untuk TNI-Polri dan pelayan publik akan ditargetkan mulai Maret 2021 mendatang.

Jika memungkinkan vaksinasi tahap ketiga untuk masyarakat umum ditargetkan akan dimulai pada Mei 2021.

Untuk mendukung program vaksinasi tersebut Polda NTB menerjunkan 1.480 personel yang terdiri dari 350 tenaga kesehatan Polri sebagai vaksinator dan 1.130 anggota Bhabinkamtibmas yang ditugaskan sebagai tracer covid-19.

Kepala Bidang Humas Polda NTB Kombes Pol Artano S.I.K, M.Si menjelaskan bahwa petugas vaksinator akan bertindak sebagai pelaksana vaksinasi, dan Bhabinkamtibmas yang ditugaskan sebagai tracer akan melakukan pendekatan, koordinasi, dan kerja sama dengan seluruh stakeholder yang ada di kecamatan dan desa di tempat mereka bertugas.

Selain itu pihak TNI juga akan melibatkan diri untuk menyukseskan kegiatan tersebut, seluruh Bhabinsa yang ada, akan diperintahkan untuk ikut mengawal dan melakukan tracer di lapangan.

Hal itu disampaikan oleh Kabidkes Korem 162/WB. Dia menyampaikan bahwa akan membantu proses vaksinasi tersebut hingga ke tingkat bawah.

“Kami di jajaran TNI akan ikut membantu proses vaksinasi ini, dan kami juga sudah menyiapkan tenaga vaksinator,” jelasnya. (zkf)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid
Berita sebelumyaPCR Lanjutan, Dua Orang Terkonfirmasi Positif Covid-19
Berita berikutnyaHonda Forza Tampil Semakin Mewah