Polda NTB Siaga Hadapi Bencana Alam

Polda NTB Siaga Hadapi Bencana Alam
CEK PERALATAN : Wakapolda NTB Kombes Pol Imam Margono saat mengecek peralatan siaga bencana setelah apel gelar pasukan di Mapolda NTB, kemarin. (Ali Ma’shum/Radar Lombok)

MATARAM—Polda NTB menggelar apel  pasukan dan penggelaran sarana dan prasarana penanganan bencana  di lapangan Gajah Mada Mapolda NTB, Jumat kemarin (12/5).

Gelar pasukan ini juga diikuti instansi terkait lainnya seperti TNI, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Basarnas, dinas sosial serta dinas pemadam kebakaran. ‘’ Apel gelar pasukan ini sebagai antisipasi dan kesiapsiagaan kita menghadapi bencana yang bisa datang kapan saja. Tapi tentu kita berharap semoga tidak ada bencana,’’ ujar Wakapolda NTB Kombes Pol Imam Margono, kemarin (12/5).

Gelar pasukan ini juga disebutnya untuk menyatukan diri dengan organisasi penanganan bencana di NTB. Dari peralatan yang ada, kata dia sudah menunjukkan kesiapan jika sewaktu-waktu ada bencana yang datang.  Peralatan ini juga disesuaikan dengan bencana-bencana yang pernah terjadi di NTB. ‘’ Itulah yang kita siapkan, kalau peralatan saya pikir sudah relatif siap,’’ katanya.

Semua jenis bencana ujar mantan Wakapolda Papua ini menjadi atensi petugas. Apapun jenis bencana yang ada akan ditanggulangi dengan baik dan maksimal. ‘’ Hanya saja kemarin itu dengan korban korban yang signifikan seperti banjir. Tapi sekarang kan musim hujan sudah berlalu. Nanti biasanya muncul lagi menjelang akhir tahun. Mudah-mudahan tidak separah yang lalu,’’ ungkapnya.

Tak lupa, ia berharap semua stakeholder siaga dan siap. Sehingga nantinya tidak mendadak. Apabila memang terjadi bencana. Maka semua pihak diharapkan sudah siap dan bergerak. ‘’ Yang penting kita sudah siap. Jika memang terjadi, kita sudah tahu siapa teman-teman yang diajak sudah ditahu semuanya. Itulah yang menjadi koordinasi kita,’’ tandasnya.(gal)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid